Senin 17 Apr 2023 16:25 WIB

Pidato di Jerman, Jokowi: Semua Pembangkit Batu Bara Ditutup 2025

Indonesia berkomitmen jaga keberlangsungan lingkungan dan telah melakukan aksi nyata.

Rep: Erik PP/Dessy Suciati Saputri/ Red: Erik Purnama Putra
Kanselir Jerman Olaf Scholz (kiri) dan Presiden Indonesia Joko Widodo (kanan) tiba untuk upacara pembukaan pameran industri tahunan
Foto: EPA-EFE/HANNIBAL HANSCHKE
Kanselir Jerman Olaf Scholz (kiri) dan Presiden Indonesia Joko Widodo (kanan) tiba untuk upacara pembukaan pameran industri tahunan

REPUBLIKA.CO.ID, HANNOVER -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan, Indonesia bakal meninggalkan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) berbasis batu bara. Menurut Jokowi, Indonesia bakal beralih seluruhnya menggunakan pembangkit listrik energi terbarukan.

"Indonesia berkomitmen kuat menjaga keberlangsungan lingkungan dan telah melakukan aksi-aksi yang nyata. 23 persen energi berasal dari energi baru terbarukan, dan di tahun 2025 seluruh pembangkit batu bara ditutup," kata Jokowi dalam cuplikan pidato di 'Infinite Journey Hannover Messe 2023' di Kota Hannover, Jerman, Ahad (16/4/2023).

Menurut Jokowi, Indonesia juga ingin memastikan, transisi energi menghasilkan energi yang terjangkau bagi masyarakat. "Tentu ini membutuhkan investasi, membutuhkan pembiayaan yang sangat besar setidaknya satu triliun dolar AS sampai 2060. Dan Indonesia mengundang investor Jerman untuk membangun ekonomi hijau di Indonesia," kata Jokowi saat berpidato di depan Kanselir Jerman Olaf Scholz.

Sementara itu, Jokowi menekankan, Indonesia sangat terbuka untuk investasi dan kerja sama, di antaranya dalam hilirisasi industri dan ekonomi hijau. "Indonesia tidak sedang menutup diri, justru kami sangat terbuka untuk investasi dan kerja sama dalam membangun industri hilir di Indonesia," ucap Jokowi, dikutip dari siaran pers Istana, Senin (17/4).

Dalam membangun hilirisasi industri, Jokowi mengatakan, Indonesia memiliki peluang yang sangat besar. Hal itu terlihat dari proyeksi nilai investasi dalam peta jalan hilirisasi Indonesia yang mencapai 545,3 miliar dollar AS.

"Sampai tahun 2040 ada 21 komoditas dalam peta jalan hilirisasi yang diproyeksikan mencapai nilai investasi 545,3 billion dolar AS, ini peluang yang sangat besar, yang saling menguntungkan," kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi menekankan komitmen Indonesia dalam menjaga keberlangsungan lingkungan yang terlihat dari sejumlah aksi nyata yang telah dilakukan dalam memperbaiki lingkungan serta upaya melaksanakan transisi energi.

"Laju deforestasi turun signifikan dan terendah 20 tahun terakhir, kebakaran hutan turun 88 persen, rehabilitasi hutan 600 ribu hektare hutan mangrove yang akan selesai direhabilitasi di tahun 2024, terluas di dunia, juga dibangun 30 ribu hektare kawasan industri hijau," kata Jokowi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement