Ahad 16 Apr 2023 18:51 WIB

12 Pertashop Modular Siap Layani Pemudik di Tol Jawa Tengah

Pertashop modular berfungsi untuk memecah kepadatan rest area besar

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Gita Amanda
Pertamina mengoperasikan 12 SPBU Modular di sepanjang ruas tol jawa tengah untuk memecah penumpukan di Rest Area.
Foto: Republika/Intan Pratiwi
Pertamina mengoperasikan 12 SPBU Modular di sepanjang ruas tol jawa tengah untuk memecah penumpukan di Rest Area.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pertamina (Persero) pada momen mudik lebaran tahun ini tidak hanya mensiagakan seluruh SPBU di rest area untuk melayani pemudik jalur darat, tetapi juga mensiagakan tambahan SPBU modular (pertashop) di sepanjang jalur tol Jawa Tengah.

Senior Supervisor Communication & Relation Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah, Marthia Mulia Asri, menjelaskan Pertashop ini berfungsi untuk memecah kepadatan rest area besar sehingga tidak mengalami penumpukan dan antrean yang panjang. Pertamina menyediakan Pertashop di Rest Area tipe B atau ukuran yang lebih kecil.

"Jika rest area besar sudah penuh, para pemudik bisa mengisi bahan bakar di pertashop di rest area kecil selanjutnya. Ini untuk pemecah penumpukan," ujar Marthia saat ditemui di Rest Area KM 379, Ahad (16/4/2023).

photo
Pertamina mengoperasikan 12 SPBU Modular di sepanjang ruas tol jawa tengah untuk memecah penumpukan di Rest Area. - (Republika/Intan Pratiwi)

 

Pertashop ini melayani penjualan BBM jenis pertamax dan dexlite. Hanya saja, untuk dexlite, Pertamina melayani dengan dirigen karena pompa bensin untuk jenis Pertamax.

Dalam satu Pertashop, Pertamina menyiapkan 150 dirigen dexlite dengan kapasitas 750 liter. Dalam sehari jika dalam masa puncak konsumsi masyarakat di satu pertashop bisa mencapai 8-15 dirigen per hari.

Hari (40 tahun) pemudik dari Purwakarta sempat merasakan mengisi BBM di Pertashop. Menurutnya, kehadiran Pertashop menjadi solusi saat mudik. "Tadi di Rest Area sudah padat dan kami perlu banget isi BBM, untung sudah ada Pertashop," kata Hari saat ditemui di tempat yang sama.

Pemudik dengan tujuan solo ini mengkonsumsi pertamax untuk kendaraannya. Ia merupakan satu dari sekian pemudik yang melintas ruas tol Batang-Semarang yang cukup padat pada H-6 Idul Fitri 1444 Hijriyah.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement