Sabtu 15 Apr 2023 12:23 WIB

Bertolak ke Jerman, Jokowi akan Buka Hannover Messe 2023

Indonesia menjadi negara mitra di Hannover Messe.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Friska Yolandha
Presiden Joko Widodo. Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak menuju Hannover, Jerman melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta, Sabtu (15/4/2023).
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Presiden Joko Widodo. Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak menuju Hannover, Jerman melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta, Sabtu (15/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak menuju Hannover, Jerman melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta, Sabtu (15/4/2023). Di sana, Jokowi akan secara resmi membuka acara Hannover Messe 2023.

"Pagi hari ini saya, ibu negara dan delegasi terbatas akan berangkat menuju ke Hannover di Jerman... Saya akan secara resmi membuka Hannover Messe bersama Kanselir Jerman," kata Jokowi dalam keterangannya sebelum bertolak ke Jerman.

Baca Juga

Ia menjelaskan, Indonesia menjadi negara mitra di Hannover Messe 2023. Indonesia sendiri mengusung tema 'Making Indonesia 4.4' dalam acara ini. Hannover Messe merupakan pameran industri terbesar di Eropa dan Indonesia adalah negara ASEAN pertama yang menjadi negara mitra resmi atau partner country.

Selain menghadiri Hannover Messe, dalam kunjungannya ini Jokowi juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan Kanselir Jerman serta bertemu dengan beberapa pengusaha besar dari Jerman.

"Selain itu saya juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan Kanselir Jerman serta bertemu dengan beberapa pengusaha besar dari Jerman," ujarnya.

Jokowi menyampaikan, Jerman merupakan negara mitra dagang dan investasi penting di Eropa. Jokowi dan rombongan diagendakan tiba kembali di Jakarta pada 18 April mendatang.

"Jerman adalah mitra dagang dan investasi penting di Eropa, mitra dagang terbesar antara negara-negara Eropa dan investor terbesar keempat dari kawasan Eropa," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement