Kamis 13 Apr 2023 22:10 WIB

Transformasi BUMN dan Kans Erick Thohir Diusung Koalisi Besar

Peluang Erick Thohir mengisi kursi cawapres Koalisi Kebangsaan terbuka lebar.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir (tengah) bersama Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Anggoro Eko Cahyo (kanan) memberikan keterangan pers saat launching gerakan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada ekosistem sepak bola Indonesia di Jakarta, Kamis (13/4/2023).  Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan kepada 353 wasit serta asisten wasit Liga 1 dan Liga 2 sebagai bukti perlindungan kepada mereka.
Foto: Dok Republika
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (tengah) bersama Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Anggoro Eko Cahyo (kanan) memberikan keterangan pers saat launching gerakan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada ekosistem sepak bola Indonesia di Jakarta, Kamis (13/4/2023). Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan kepada 353 wasit serta asisten wasit Liga 1 dan Liga 2 sebagai bukti perlindungan kepada mereka.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri BUMN Erick Thohir melaksanakan empat transformasi besar BUMN. Pertama adalah core value, infrastruktur, aturan main, dan kesejahteraan pegawai.

Akhlak yang jadi core value tak sekadar jadi pedoman untuk para pegawai Kementerian BUMN bekerja, melainkan juga tertanam dalam kehidupan sehari-hari. Erick menyebut banyak riset yang berbicara mengenai kejujuran ialah prioritas saat ini dan hal itu menjadi salah satu penilaian tinggi di Kementerian BUMN maupun BUMN.

Baca Juga

Infrastruktur di Kementerian BUMN juga diperbaiki. Begitu juga peraturan di dalamnya. Kesejahteraan juga ditingkatkan. "Semua itu merupakan upaya transformasi untuk membangun BUMN," kata ujar Erick saat peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-25 Kementerian BUMN di taman Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (13/4/2023).

Koalisi besar

Selain soal transformasi BUMN, nama Erick Thohir juga digadang masuk dalam radar koalisi besar. Ketua Umum PSSI yang berhasil menyelamatkan sepak bola Indonesia dari sanksi berat itu memiliki kans besar diusung Koalisi Kebangsaan untuk menjadi calon wakil presiden (cawapres). Pasalnya Erick Thohir mempunyai relasi kuat dengan Presiden Jokowi sebagai inisiator koalisi besar tersebut.

Pengamat Politik Surokim Abdussalam mengatakan peluang Erick Thohir menjadi cawapres di Koalisi Kebangsaan memang terbuka lebar. Menurutnya Erick Thohir adalah tokoh yang saat ini paling sering diandalkan oleh Jokowi.

“Sejauh ini Pak Erick Thohir punya relasi khusus dengan Pak Jokowi sehingga punya peluang juga untuk disoundingkan di Koalisi Kebangsaan,” ujar Surokim, Kamis (13/4/2023).

Jokowi memiliki peran penting dalam pembentukan Koalisi Kebangsaan. Sehingga instruksi Presiden terkait siapa capres atau cawapres yang bakal diusung juga sangat dipengaruhi olehnya.

Peluang Erick Thohir mengisi kursi cawapres Koalisi Kebangsaan terbuka lebar. “Erick Thohir kekuatannya ada di Pak Jokowi, sejauh Pak Jokowi akan sounding ke koalisi, saya pikir peluangnya cukup besar,” pungkasnya.

Wacana Koalisi Kebangsaan sendiri pertama kali didengungkan oleh Presiden Jokowi pada kegiatan “Silaturahmi Ramadhan” di Kantor DPP PAN Jakarta beberapa waktu yang lalu. Koalisi besar ini bakal menggabungkan partai-partai di KIB, KIR dan PDI-P.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement