Kamis 13 Apr 2023 12:59 WIB

TikTok Hack, Buah Naga Kuning untuk Obati Sembelit dan Sakit Perut

Video dengan tagar #yellowdragonfruit telah ditonton lebih dari 100 juta kali.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Buah Naga Kuning semakin diminati masyarakat.
Foto: Kementan
Buah Naga Kuning semakin diminati masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — TikTok hack telah membuat heboh jagat maya, dengan menyebut buah naga kuning bisa menyembuhkan sembelit dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan perut. Seorang pengguna mengklaim buah yang sebenarnya merupakan bagian dari keluarga kaktus itu, bertindak sebagai pencahar alami.

Video dengan tagar #yellowdragonfruit telah ditonton lebih dari 100 juta kali sejak Februari 2023 ini. Banyak pengguna telah mengunggah video diri mereka memotong buah naga kuning dan memakan daging buah yang putih pada bagian dalam dan bijinya.

Baca Juga

Dilansir dari Daily Mail, Kamis (13/4/2023), mengatakan bahwa para ahli tidak ada yang merasa istimewa akan hal ini dan makan terlalu banyak buah yang mengandung serat memang akan membuat seseorang ke kamar mandi. Banyak buah, termasuk buah naga kuning, mendorong untuk buang air besar secara teratur karena kandungan seratnya yang tinggi.

Serat membantu meningkatkan berat dan ukuran tinja serta melembutkannya, yang membuatnya lebih mudah untuk dikeluarkan. Ini sangat penting untuk mempercepat proses pencernaan. Namun terlalu banyak serat dapat menyebabkan kembung, gas, dan sembelit. Dalam kasus yang lebih ekstrem, dapat menyebabkan obstruksi usus.

Untuk diketahui, tren ini dimulai pada Februari 2023, ketika seorang pengguna bernama Halley Kate mengunggah video tentang betapa lezatnya buah naga kuning. “Itu adalah salah satu buah paling enak yang pernah saya makan sepanjang hidup saya,” kata Kate.

Dua hari kemudian, dia mengunggah video lain yang mengatakan bahwa buah naga kuning telah sepenuhnya membersihkan sistem pencernaannya. “Aku tegaskan tidak ada yang tersisa di tubuhku. Bijinya memiliki begitu banyak serat makanan sehingga seperti pencahar alami,” ujar dia.

Video itu telah memperoleh 3,2 juta likes, dengan memperlihatkan Kate memakan satu buah naga kuning dan kemudian ia pergi ke kamar mandi tidak lama setelah memakannya. Sejak itu, tagar #yellowdragonfruit telah ditonton lebih dari 110 juta kali.

Namun, buah naga kuning sendiri sebenarnya bukan buah, tetapi kaktus tropis yang menurut banyak pengguna TikTok yang berpartisipasi dalam tren tersebut menyebut rasa buah naga kuning ini seperti persilangan antara kiwi dan pir dengan rasa 'seperti madu'.

Kulitnya tidak bisa dimakan, jadi hanya bagian putih di dalamnya dan bijinya yang dapat dimakan karena mengandung nutrisi. Meski warna daging buahnya mirip dengan warna buah naga lainnya, beberapa pengguna mengklaim varietas buah naga kuning sedikit lebih manis.

Buah naga kuning kaya akan antioksidan seperti vitamin C, serta protein, kalsium, vitamin A, zat besi, dan magnesium. Buah naga kuning juga rendah kalori yakni hanya 60 kalori per 3,5 ons. Yang terpenting, ini juga kaya akan serat larut, dan mengandung hampir lima gram serat dalam setiap porsi enam ons.

Dietary Guidelines memperkirakan lebih dari 90 persen orang Amerika tidak cukup makan serat, lalu tiba-tiba makan makanan kaya serat yang bisa mempercepat pencernaan ini pun viral. The Mayo Clinic merekomendasikan 25 gram serat per hari untuk wanita di bawah 50 tahun, dan 38 gram jika seorang pria di bawah 50 tahun. Bagi mereka yang berusia di atas 50 tahun, targetkan 21-30 gram per hari.

Buah naga kuning bukan satu-satunya cara untuk menambah asupan serat. Misalnya, secangkir raspberry, mengandung delapan gram serat dan satu artichoke mengandung 6,9 gram. Lalu makanan kaya serat lainnya seperti sayuran, polong-polongan, dan biji-bijian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement