Kamis 13 Apr 2023 10:35 WIB

Erick Dampingi Jokowi Resmikan Hunian Milenial Terintegrasi di Depok

Artinya, ucap Erick, ada keterbatasan wilayah tanah di Indonesia.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Ahmad Fikri Noor
Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) saat meluncurkan proyek hunian milenial terintegrasi transportasi Samesta Mahata Margonda, Depok, Jawa Barat, Sabtu (2/4/2022).
Foto: ANTARA/Yulius Satria Wijaya
Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) saat meluncurkan proyek hunian milenial terintegrasi transportasi Samesta Mahata Margonda, Depok, Jawa Barat, Sabtu (2/4/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan hunian milenial untuk Indonesia di Samesta Mahata Margonda, Depok, Jawa Barat, Kamis (13/4/2023). Erick turut mengutip pesan Jokowi yang menekankan daratan Indonesia hanya 25 persen dari total luas wilayah, dengan 75 persen adalah kelautan. Artinya, kata Erick, ada keterbatasan wilayah tanah di Indonesia. 

"Bapak Presiden (Joko Widodo) juga kemarin menyampaikan kepada saya bahwa sekarang total penduduk di perkotaan itu 56,7 persen, sedangkan yang di perdesaan itu 43,3 persen. Artinya, tentu wilayah perkotaan akan semakin padat dan akan makin menantang dalam mengatur transportasi dan tentu hunian untuk masyarakat," ujar Erick.

Baca Juga

Erick menyampaikan, 58 persen penduduk Indonesia saat ini berusia di bawah 40 tahun. Data Kementerian PUPR, Erick melanjutkan, menyebutkan, 81 juta generasi milenial belum mendapatkan fasilitas rumah. Untuk itu, Erick sejak awal mengoordinasikan sejumlah BUMN, seperti Perumnas, BTN, PLN, PTPP, Adhi Karya, dan Kereta Api Indonesia (KAI) dengan Kementerian PUPR dalam membangun hunian milenial yang terintegrasi dengan moda transportasi umum. 

"Kita ingin memastikan, masalah hunian yang disinergikan dengan transportasi umum bisa menjadi solusi untuk menekan penggunaan kendaraan pribadi agar kemacetan bisa dikurangi," kata Erick.

 

Kepada Jokowi, Erick melaporkan BUMN telah menyelesaikan tujuh lokasi hunian terintegrasi senilai Rp 5 triliun dengan 8.348 unit. Erick menilai proyek tersebut mendapatkan sambutan hangat dari generasi milenial. Hal ini terlihat dari tingkat pembelian yang mencapai 65 persen, dengan 41 persen pembeli ialah milenial.

"Khusus yang Bapak (Presiden Jokowi) kunjungi hari ini, yaitu Samesta Mahata Margonda ini total unitnya 940, tingkat kelakuannya cukup tinggi, 78 persen, karena memang fasilitas ini dekat dengan UI dan fasilitas pendukung lainnya, seperti mal dan lain-lain," ujar pria kelahiran Jakarta tersebut.

Erick menyampaikan, hunian milenial terintegrasi saat ini sudah terdapat di Depok, Jakarta, Tangerang, Bogor, dan Karawang. Erick menyampaikan peluncuran hunian milenial terintegrasi juga akan kembali dilakukan di Klender, Jakarta Timur, setelah lebaran. 

"Tentu kami mengharapkan dengan dorongan Bapak Presiden hari ini, kami bisa terus meningkatkan proyek hunian milenial ini di berbagai kota ke depannya. Karena itu, KAI sudah akan paparan dengan saya dan para wamen (wakil menteri)  mana titik-titik berikutnya yang ada di luar Jakarta," kata mantan presiden Inter Milan tersebut.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement