Jumat 07 Apr 2023 16:38 WIB

KB Bukopin Persiapkan Produk dan Layanan Sesuai Kebutuhan Pelanggan

KB Bukopin inisiasi pengembangan teknologi infomasi SHINE Project

PT Bank KB Bukopin Tbk. (BBKP) mempersiapkan produk dan layanan yang berorientasi terhadap pelanggan dengan menyesuaikan kebutuhan masing-masing lapisan demografi masyarakat di era digitalisasi.
Foto: istimewa
PT Bank KB Bukopin Tbk. (BBKP) mempersiapkan produk dan layanan yang berorientasi terhadap pelanggan dengan menyesuaikan kebutuhan masing-masing lapisan demografi masyarakat di era digitalisasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank KB Bukopin Tbk (BBKP) mempersiapkan produk dan layanan yang berorientasi terhadap pelanggan dengan menyesuaikan kebutuhan masing-masing lapisan demografi masyarakat di era digitalisasi.

"Kami percaya, layanan yang telah kami siapkan dapat memiliki nilai tambah dalam hal pelayanan optimal kepada nasabah yang dibarengi dengan efisiensi dan efektivitas biaya dan SDM yang diperlukan” kata Wakil Direktur Utama KB Bukopin Robby Mondong dalam keterangan di Jakarta, Jumat (7/4/2023).

KB Bukopin, menurut Robby, senantiasa berinovasi dalam menjawab tantangan industri dan perkembangan teknologi informasi. Saat ini perseroan tengah fokus terhadap inisiasi project pengembangan infrastruktur teknologi informasi SHINE Project yang memiliki tagline “change everything”.

Secara garis besar proyek tersebut merupakan langkah transformasi sistem teknologi informasi yang memiliki salah satu fokus terhadap penyediaan layanan dan fasilitas perbankan yang memudahkan masyarakat dalam menjangkau produk dan layanan yang KB Bukopin miliki.

Robby menjelaskan, langkah tersebut merupakan salah satu upaya perseroan dalam beradaptasi dengan perubahan habit masyarakat dalam melakukan aktivitas perbankan saat ini sekaligus penerapan konsep "banking everywhere".

KB Bukopin meyakini, inovasi produk dan layanan yang saat ini tengah dipersiapkan dapat menjawab seluruh kebutuhan nasabah sehingga dapat menjadikan KB Bukopin sebagai salah satu pilihan utama penyedia layanan dan solusi perbankan bagi masyarakat.

Business Retail & Service Director KB Bukopin, Helmi Fahrudin mengatakan, perseroan juga meyakini upaya dalam mengoptimalisasi sebaran jaringan kantor dapat disalurkan ke dalam bentuk lain melalui pengembangan teknologi produk dan layanan yang dapat menjawab seluruh kebutuhan nasabah atas perubahan perilaku transaksional tersebut.

Dijelaskan, SHINE Project  akan melalui beberapa tahapan fase yang berjalan selama satu setengah tahun ke depan. Setelah keseluruhan rangkaian sistem teknologi informasi selesai dikembangkan, nantinya perseroan merancang dan mempersiapkan beberapa lini produk dan layanan unggulan untuk memenuhi kebutuhan transaksi perbankan masyarakat Indonesia.

SHINE Project memiliki misi menjadi One Stop Banking Solution, yang menjadikan layanan dan solusi finansial terintegrasi dan akan sangat mudah untuk dijangkau oleh nasabah.

Selain itu, pengembangan proyek ini juga amat sangat memperhatikan Customer-Centric untuk menghasilkan produk dan layanan yang dapat diterima oleh seluruh kalangan demografi nasabah kami.

"Kami meyakini bahwa dengan layanan yang terintegrasi dan mudah untuk dijangkau oleh masyarakat dapat menjadikan kami sebagai pilihan utama penyedia layanan dan solusi perbankan nasabah," kata Helmi.

Saat ini era digitalisasi telah berkembang sedemikian rupa dengan hadirnya platform dan layanan non-bank yang memudahkan masyarakat dalam beraktivitas finansial. Dalam fenomena ini jaringan operasional menjadi kurang relevan karena penyedia layanan dapat senantiasa memberikan pelayanan optimal melalui inovasi dan nasabah dapat langsung menikmatinya.

Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2015 terdapat 32.953 jaringan kantor. Namun pada Juni 2022 jumlahnya berubah menjadi 25.641 jaringan kantor. Hal tersebut mengindikasikan terjadinya optimalisasi layanan dan jaringan kantor di industri perbankan yang cukup masif, dengan penurunan jaringan kantor sebanyak 22,19 persen dalam kurun waktu 7 tahun.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement