Rabu 05 Apr 2023 23:46 WIB

Paparkan Strategi Hadapi 2023, MMKSI Resmi Kenalkan Presdir Baru

Pada 2023, MMKSI menyatakan akan terus melakukan inovasi dalam menjalankan bisnisnya.

Naoya Nakamura (kiri) yang menjabat sebagai presiden direktur MMKSI periode September 2018-Maret 2023 digantikan oleh Atsushi Kurita. Kurita akan melanjutkan kepemimpinan dan posisi presiden direktur efektif mulai 1 April 2023.
Foto: dok MMKSI
Naoya Nakamura (kiri) yang menjabat sebagai presiden direktur MMKSI periode September 2018-Maret 2023 digantikan oleh Atsushi Kurita. Kurita akan melanjutkan kepemimpinan dan posisi presiden direktur efektif mulai 1 April 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memasuki 2023, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) terus mencoba untuk mempertahankan eksistensi dan meningkatkan penetrasi ke pasar otomotif Tanah Air. Ini antara lain dilakukan dengan melakukan pergantian jajaran direksi. 

Naoya Nakamura yang menjabat sebagai presiden direktur MMKSI periode September 2018-Maret 2023 digantikan oleh Atsushi Kurita. Kurita akan melanjutkan kepemimpinan dan posisi presiden direktur efektif mulai 1 April 2023. 

Dia pun langsung memulai strategi untuk mengembangkan bisnis MMKSI dan brand Mitsubishi Motors di Indonesia. 

"Saya mohon dukungan Anda lebih lanjut dan saya sangat terbuka untuk berdiskusi dan mendengar pendapat Anda untuk kemajuan MMKSI di masa selanjutnya,” kata Kurita saat bertemu dengan awak media di acara buka puasa bersama di Jakarta, Rabu (5/4/2023).

Dia pun mengaku antusias dan bersemangat melaksanakan tugas di MMKSI dan menyambut tahun fiskal 2023. Apalagi dengan modal pengalaman MMKSI pada tahun-tahun sebelumnya yang menjadi motivasi dan referensi yang sangat berharga untuk untuk meraih capaian yang lebih baik lagi. 

“Upaya MMKSI dalam meningkatkan brand, kualitas produk, dan layanan Mitsubishi Motors di Indonesia telah dirasakan dan direspons dengan capaian penjualan positif," ungkap dia. 

Merujuk pada data penjualan retail Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) tahun kalender 2022, kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi Motors di Indonesia mencatat angka penjualan sebanyak 97.936 unit. Angka itu terdiri dari penjualan model kendaraan penumpang sebanyak 69.629 unit dan kendaraan niaga ringan sebanyak 28.307 unit. 

Penjualan terbesar disumbang oleh Xpander dengan 32.772 unit. Kemudian diikuti oleh Xpander Cross 17.145 unit, dan Pajero Sport 19.686 unit. Sementara untuk segmen kendaraan niaga ringan ditopang oleh L300 dengan 19.161 unit.

Dengan pencapaian pada 2022, Nakamura pun mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh pihak yang telah mendukung proses perkembangan bisnis MMKSI. Termasuk membantu perusahaan melewati berbagai tantangan yang ada sepanjang 2022. 

Sementara dari sisi purnajual, MMKSI mendapatkan pencapaian positif dengan mencatatkan pertumbuhan total kendaraan datang untuk melakukan servis dan perawatan sebesar tujuh persen pada 2022. Pertumbuhan penjualan suku cadang, aksesoris, dan genuine part juga naik sebesar tujuh persen dibandingkan dengan 2021. 

"Upaya MMKSI di tahun lalu pun terjawab dengan capaian penjualan yang positif dan menjadi motivasi kami untuk meraih lebih baik lagi. Pengalaman pada tahun lalu mengajarkan kami untuk terus berinovasi demi memberikan layanan terbaik untuk meningkatkan kepuasan konsumen," ungkap Nakamura.

Nakamura memiliki andil penting di MMKSI selama hampir lima tahun sejak 2018 dalam memberikan kontribusi bagi bisnis Mitsubishi Motors di Indonesia. Dia membangun fondasi dan kepemimpinan yang kuat untuk mempertahankan bisnis MMKSI melewati berbagai rintangan, terutama pada masa pandemik Covid-19 yang sangat mempengaruhi proses bisnis secara global. 

Dia juga mampu menorehkan rekor angka penjualan terbesar untuk Mitsubishi Motors (MMC) sepanjang sejarahnya di Indonesia, yaitu pada 2021 lalu dengan pencapaian  104.407 unit. Angka itu berkontribusi lebih dari 12 persen terhadap penjualan MMC secara global. Itu pun sekaligus menjadikan MMKSI sebagai penyumbang terbesar untuk penjualan retail MMC pada skala global.

Pada 2023, MMKSI menyatakan akan terus melakukan inovasi dalam menjalankan bisnisnya. Termasuk terus memberikan pengalaman yang lebih baik untuk para konsumen dari sisi penjualan maupun purnajual.

Dari sisi penjualan, MMKSI akan meningkatkan target penjualan dengan peluncuran model-model baru dan menyediakan program penjualan menarik dengan dukungan leasing. Kemudian meningkatkan frekuensi event pameran setiap bulan dan meningkatkan aktivitas bersama konsumen di diler. 

Tak hanya itu MMKSI dan diler akan berusaha untuk meningkatkan repurchase order dari konsumen loyal dan meningkatkan serapan segmen fleet.

Dari sisi peningkatan pengalaman konsumen, MMKSI menyatakan akan memastikan kualitas terbaik di setiap tahap keterlibatan konsumen. Dari mulai pembelian hingga purnajual melalui aktivitas tatap muka hingga aktivitas berbasis online.

Kepastian ketersediaan layanan dengan standar Mitsubishi Motors untuk konsumen di seluruh Indonesia akan dilanjutkan dengan rencana penambahan enam outlet diler baru sehingga menjadi total 173 jaringan. Kemudian rencana penambahan tujuh fasilitas authorized bodi & cat menjadi total 29 fasilitas pada akhir tahun fiskal 2023. 

Ke semua layanan dan fasilitas yang disediakan MMKSI akan dapat dirasakan dan berjalan maksimal untuk konsumen dengan kualitas humanware yang mumpuni. Untuk itu MMKSI akan terus meningkatkan kualitas humanware berbasis hasil survei yang dilakukan melalui aspek indeks kepuasan penjualan, indeks kepuasan konsumen, skor loyalitas konsumen, dan evaluasi fasilitas diler.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement