Ahad 02 Apr 2023 16:06 WIB

Cari Ide Event Berkualitas, Otoritas Labuan Bajo Gelar Ideathon

Pemerintah berupaya meningkatkan daya tarik Labuan Bajo.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Ahmad Fikri Noor
Liburan Labuan Bajo (ilustrasi). Pemerintah berupaya meningkatkan daya tarik Labuan Bajo agar tak hanya mengunggulkan Taman Nasional Komodo saja.
Foto: Dok Open Trip
Liburan Labuan Bajo (ilustrasi). Pemerintah berupaya meningkatkan daya tarik Labuan Bajo agar tak hanya mengunggulkan Taman Nasional Komodo saja.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah berupaya meningkatkan daya tarik Labuan Bajo agar tak hanya mengunggulkan Taman Nasional Komodo. Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) pada tahun ini kembali menggelar Ideathon, yang berfokus pada pengembangan dan penciptaan ide dalam konteks produk ekonomi kreatif di kawasan Flores, Alor, Lembata, dan Bima (Floratama).

"Ideathon kembali hadir untuk mengajak sobat pariwisata ekonomi kreatif Floratama memunculkan ide kreatif menciptakan event," kata Direktur Utama BPOLBF Shana Fatina dalam pernyataan tertulisnya, Ahad (2/4/2023).

Baca Juga

Pada 2023, Shana msngatakan, terdapat tiga kategori penyelenggaraan Ideathon. Pertama, New Ideas yang merupakan subtema untuk memunculkan event baru berkualitas. Kedua, Established Event merupakan subtema untuk mematangkan dan menyempurnakan event-event yang telah terlaksana sehingga nantinya dapat memenuhi standar pelaksanaan event dan dapat bersaing untuk masuk ke dalam Kharisma Event Nusantara.

Ketiga, Budget Challenge yang menjadi salah satu solusi dan opsi penyelenggaraan event dengan jumlah anggaran yang sudah dimiliki. "Harapannya  dapat menciptakan variasi event dengan skala tertentu," ungkap Shana.

 

BPOLBF mengajak masyarakat dan pelaku ekonomi kreatif untuk memunculkan ide Events For Labuan Bajo. Nantinya, menurut Shana, ide event tersebut memiliki kesempatan untuk diimplementasikan di Labuan Bajo setelah melewati beberapa tahapan.

"Mulai dari brainstorming hingga tahap pitching dengan didampingi mentor-mentor yang berpengalaman di bidangnya. BPOLBF sangat terbuka dengan ide kreatif dari masyarakat dan calon peserta. Kami mengajak semua pihak untuk berkolaborasi dan kerja sama menghadirkan event baru dan berkualitas di Labuan Bajo," ungkap Shana.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, berharap kegiatan Ideathon tetsebut bisa menumbuhkan ekosistem event berkelas dunia. Sandiaga merasa Labuan Bajo Maritime Festival 2022 merupakan salah satu contoh ide kreatif pengembangan event dari pendampingan yang tepat yang bisa memberikan dampak.

Oleh karena itu, Sandiaga mengharapkan Ideathon 2023 diharapkan bisa melahirkan banyak event berkualitas yang berstandar nasional dan internasional. "Kemenparekraf berharap selanjutnya banyak event berkualitas yang berstandar nasional dan internasional akan bermunculan di NTT, khususnya Labuan Bajo," tutur Sandiaga.

Sandiaga berharap kompetisi Ideathon akan memperkuat ekosistem event. Dengan begitu, ada lebih banyak yang mengerti, memahami, tercipta lapangan kerja, dan menjadi daya tarik bagi orang yang mau berkunjung ke Labuan Bajo.

"Orang tidak hanya datang untuk Komodo, tetapi menghadiri event sehingga tidak tertumpuk semua di Taman Nasional Komodo. Kami sangat mendukung sekali kegiatan ini dan bagian dari kampanye berwisata di Indonesia saja," ujar Sandiaga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement