Sabtu 01 Apr 2023 00:11 WIB

AS Perketat Insentif Pajak Mobil Listrik untuk Kurangi Ketergantungan dari China

AS menargetkan 50 penjualan mobil pada 2023 adalah mobil listrik atau hibrida

Pekerja berjalan di antara deretan kendaraan listrik Tesla Model 3 di pabrik kendaraan utama Tesla setelah CEO Elon Musk mengumumkan dia menentang pembatasan penyakit virus corona (COVID-19) pejabat lokal dengan membuka kembali pabrik di Fremont, California, AS, 11 Mei 2020. Foto ilustrasi.
Foto: Reuters
Pekerja berjalan di antara deretan kendaraan listrik Tesla Model 3 di pabrik kendaraan utama Tesla setelah CEO Elon Musk mengumumkan dia menentang pembatasan penyakit virus corona (COVID-19) pejabat lokal dengan membuka kembali pabrik di Fremont, California, AS, 11 Mei 2020. Foto ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID,WASHINGTON--Departemen Keuangan Amerika Serikat (AS) pada Jumat (31/3/2023) meluncurkan aturan pajak kendaraan listrik yang lebih ketat. Ketentuan baru itu akan mengurangi atau memotong kredit pajak pada beberapa model tanpa emisi.  Di samping itu pula memberi pembeli waktu dua minggu sebelum persyaratan baru berlaku.

Aturan tersebut bertujuan untuk menghilangkan ketergantungan Amerika Serikat pada China untuk rantai pasokan baterai mobil listrik (EV). Selain itu bagian dari upaya Presiden Joe Biden untuk mewujudkan 50 persen penjualan kendaraan baru di AS pada tahun 2030 adalah EV atau hibrida plug-in.

Baca Juga

Ketentuan baru terkait sumber baterai EV yang dikeluarkan pada hari Jumat tersebut memicu persyaratan baru untuk mineral penting dan komponen baterai dan berlaku untuk pembelian kendaraan mulai 18 April.

Pejabat AS mengakui dengan kebijakan baru itu akan membuat beberapa kendaraan kredit dipotong atau dihilangkan. Tesla  mengatakan Rabu bahwa kredit penggerak roda belakang Model 3 akan dikurangi sebagai hasil dari panduan tersebut. Pemerintah akan menerbitkan pada 18 April daftar revisi model kualifikasi dan jumlah kredit pajak.

Undang-Undang Pengurangan Inflasi (IRA) senilai 430 miliar dolar AS yang ditandatangani oleh Biden pada bulan Agustus menghilangkan batas penjualan EV pabrikan, tetapi memberlakukan persyaratan baru pada kredit EV. Hal itu termasuk persyaratan perakitan Amerika Utara mulai Agustus, batas kelayakan harga dan pendapatan pembeli mulai 1 Januari, dan sekarang aturan sumber baterai dan mineral kritis, efektif 18 April.

CEO Alliance for Automotive Innovation John Bozzella memperkirakan "beberapa" EV di pasar akan memenuhi syarat untuk mendapatkan kredit penuh 7.500 dolar AS setelah 17 April. Dia mencatat persyaratan EV dirakit di Amerika Utara agar memenuhi syarat untuk kredit akan membuat 70 persen model mobil listrik yang dijual di negara tersebut tidak dapat memenuhinya.

"Beberapa mobil listrik pasti memenuhi syarat untuk kredit parsial. Mengingat kendala undang-undang, Departemen Keuangan telah melakukan yang terbaik untuk menghasilkan aturan yang memenuhi undang-undang dan mencerminkan pasar saat ini," kata Bozzella.

IRA mensyaratkan 50 persen dari nilai komponen baterai untuk diproduksi atau dirakit di Amerika Utara agar memenuhi syarat untuk kredit 3.750 dolar AS dan 40 persen dari nilai mineral kritis yang bersumber dari Amerika Serikat atau mitra perdagangan bebas juga untuk kredit 3.750 dolar AS.

Treasury mengusulkan proses tiga langkah untuk menentukan persentase nilai mineral kritis dan proses empat langkah untuk menentukan nilai komponen baterai.

Pada hari Selasa, Amerika Serikat dan Jepang menandatangani kesepakatan perdagangan mineral baterai EV. Departemen Keuangan mengatakan perjanjian mineral penting yang baru dinegosiasikan dapat dianggap sebagai perjanjian perdagangan bebas. Panduan tersebut mencantumkan Jepang yang memiliki kesepakatan perdagangan bebas AS.

Ketua Komite Energi Senat Joe Manchin, seorang Demokrat, mengatakan Departemen Keuangan mengabaikan maksud IRA dalam menulis pedoman tersebut.

"Dolar pajak Amerika tidak boleh digunakan untuk mendukung pekerjaan manufaktur di luar negeri," kata Manchin. "Ini adalah alasan yang menyedihkan untuk membelanjakan lebih banyak dolar pembayar pajak secepat mungkin dan selanjutnya menyerahkan kendali kepada Partai Komunis China dalam prosesnya."

Departemen Keuangan tidak segera mengeluarkan panduan tentang apa yang disebut "Kepedulian Entitas Asing ", sebuah ketentuan yang akan dimulai pada tahun 2024 kecuali kredit jika ada komponen atau mineral yang digunakan dalam baterai EV yang dibuat di negara-negara seperti China.

Ford  pada bulan Februari mengatakan akan menginvestasikan 3,5 miliar dolar AS untuk membangun pabrik baterai EV di Michigan, menggunakan teknologi dari perusahaan baterai China CATL.

Senator Republik Marco Rubio memperkenalkan undang-undang bulan ini yang berusaha untuk memblokir kredit pajak kendaraan listrik untuk baterai yang diproduksi menggunakan teknologi China, dengan mengatakan itu akan "secara signifikan membatasi kelayakan kredit pajak IRA dan mencegah perusahaan China mendapat manfaat."

Publik memiliki waktu hingga pertengahan Juni untuk mengomentari panduan yang diusulkan.

 

 

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement