Kamis 30 Mar 2023 11:57 WIB

Presiden FIFA dan Presiden AFA Diklaim akan Bertemu Bahas Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Argentina menjadi salah satu negara yang siap ambil alih tuan rumah Piala Dunia U-20.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Presiden FIFA, Gianni Infantino.
Foto: AP/Martin Meissner
Presiden FIFA, Gianni Infantino.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keputusan resmi Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) mencoret status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 sepertinya langsung dimanfaatkan negara lain. Gerak cepat dilakukan oleh negara lain, termasuk Argentina, untuk bisa menggantikan posisi Indonesia sebagai negara penyelenggara Piala Dunia U-20 2023.

Bahkan, Presiden Federasi Sepak Bola Argentina (AFA), Claudio Tapia, dikabarkan bakal segera melakukan pertemuan dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino. Pertemuan yang bakal menjadi arena lobi Argentina untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 itu kemungkinan besar akan digelar di Asuncion, Paraguay.

Baca Juga

Infantino kabarnya akan mendarat di Paraguay pada Kamis (30/3/2023) waktu setempat. Infantino dan Tapia dilaporkan akan sama-sama menghadiri kongres dan kegiatan Federasi Sepak Bola Paraguay (APF) pada Jumat (31/3/2023). Keduanya pun disebut-sebut akan mengadakan pertemuan dan makan siang.

''Pertemuan antara keduanya dijadwalkan antara Kamis atau Jumat. Mereka akan bertemu di Paraguay. Penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023 bakal menjadi bahasan utama dalam pertemuan tersebut,'' tulis laporan La Nacion, Kamis (30/3/2023).

Sebelumnya, Argentina memang menjadi salah satu negara yang siap mengambil alih penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023. Selain Argentina, Qatar dan Peru kabarnya siap menjadi tuan rumah apabila FIFA memutuskan membatalkan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

Keputusan itu akhirnya diambil FIFA pada Rabu (29/3/2023) malam WIB. Indonesia batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 lantaran adanya ''situasi yang berkembang saat ini'' di Indonesia. Situasi tersebut dapat merujuk pada berbagai penolakan terhadap kehadiran timnas Israel U-20 di Indonesia selama penyelenggaraan.

FIFA pun akan segara menentukan negara pengganti sebagai tuan rumah anyar ajang Piala Dunia U-20. Namun, FIFA tidak mengubah jalannya waktu penyelenggaraan, yang bakal tetap digelar pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023 mendatang. Dibanding Peru dan Qatar, peluang Argentina untuk bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 dinilai cukup besar.

Selain sebagai pemegang gelar juara Piala Dunia senior, Argentina juga dinilai memenuhi berbagai persyaratan sebagai tuan rumah turnamen FIFA, mulai dari stadion yang layak, transportasi, hingga hotel, serta akomodasi. Selain itu, Argentina pun sepertinya tidak memiliki masalah terkait hubungan diplomatik dengan Israel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement