Rabu 29 Mar 2023 15:56 WIB

Isyaratkan Reshuffle Kabinet, Jokowi: Segera

Jokowi tidak menjelaskan kapan reshuffle kabinet akan diumumkan.

Rep: Dessy Suciati Saputri, Wahyu Suryana/ Red: Andri Saubani
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi memastikan akan me-reshuffle Kabinet Indonesia Maju dalam waktu dekat. (ilustrasi)
Foto: Tangkapan Layar/BPMI Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi memastikan akan me-reshuffle Kabinet Indonesia Maju dalam waktu dekat. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali memberikan sinyal akan segera melakukan perombakan kabinet atau reshuffle dalam waktu dekat. Hal ini disampaikannya saat ditanya mengenai posisi Menteri Pemuda dan Olahraga setelah ditinggalkan Zainudin Amali.

“Segera,” kata Jokowi singkat usai menjajal kereta api menuju Rammang-Rammang, Maros, Sulawesi Selatan, Rabu (29/3/2023).

Baca Juga

Kendati demikian, Jokowi tak menyebut secara pasti kapan reshuffle akan dilakukan. Jokowi hanya mengatakan bahwa reshuffle akan dilakukan secepat mungkin. “Segera,” ujarnya.

Seperti diketahui, Jokowi sebelumnya mengaku telah mengantongi nama-nama calon Menpora pengganti Zainudin Amali. Namun, saat itu ia mengaku masih belum memutuskan nama yang akan ditunjuknya.

“Menpora belum diputuskan, tapi nama-nama dari pak Ketua Golkar sudah ke kita. Tapi belum diputuskan, belum saya putuskan,” ujar Jokowi di gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Senin (20/3).

Saat ditanya siapa saja nama calon yang dikantonginya, Jokowi tidak bersedia menjawabnya. Namun, Jokowi sempat mengungkapkan kriteria Menpora yang ingin ditunjuknya, yakni salah satunya masih muda.

“Nama yang masuk, waduh ngga apal. Nanti, pak Ketua Golkar saja,” kata dia.

Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar, Lodewijk Freidrich Paulus, mengatakan, partainya telah menyodorkan tiga nama kader untuk diusulkan menjadi Menpora. Namun, dia enggan menyebutkan tiga nama kader Golkar yang disampaikan kepada Presiden Jokowi.

Setelah Zainudin Amali resmi mengundurkan diri, Presiden Jokowi sebelumnya telah menunjuk Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menjadi Plt (pelaksana tugas) Menpora.

“Sekarang sudah di-Plt-kan, Plt-nya pak Menko PMK,” kata Jokowi saat memberikan keterangan pers di TPST Kesiman Kertalangu, Denpasar, Bali, Senin (13/3/2023).

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement