Senin 27 Mar 2023 17:44 WIB

Soal Rp 300 Triliun, Benny K Harman Bertanya-tanya, Mengapa Mahfud Umumkan ke Publik?

Benny K menilai Mahfud sejatinya bisa menyelesaikan masalah transaksi Rp 300 triliun.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Teguh Firmansyah
Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Benny Kabur Harman.
Foto: Dok DPR
Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Benny Kabur Harman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi III DPR Benny K Harman mempertanyakan sikap Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD yang justru mengungkapkan terlebih dahulu transaksi mencurigakan sebesar Rp 349 triliun. Padahal, Mahfud punya kewenangan untuk menyelesaikan masalah tersebut.

"Dia (Mahfud) dikasih kuasa yang melekat padanya sebagai Menkopolhukam maupun sebagai Ketua Komite (TPPU) bisa digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah ini, tapi dia tidak lakukan, malah mengumumkan kepada publik," ujar Benny di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (27/3).

Baca Juga

Ia menilai, jika ada kekeliruan dari pernyataan Mahfud, yang terkena imbas negatifnya adalah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan pemerintahannya. Bahkan, ada potensi terganggunya stabilitas keuangan Indonesia.

"Saya sampaikan apabila Pak Mahfud tidak mempertanggungjawabkan pernyataan yang dia sampaikan kepada publik, maka tidak bisa dicegah adanya anggapan maupun tuduhan publik bahwa Pak Mahfud sedang bermain politik," ujar Benny.

Benny sendiri akan datang dalam rapat dengar pendapat (RDP) antara Komisi III dengan Mahfud sebagai Ketua Komite Nasional Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dan juga Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani. Harapannya, Mahfud menjelaskan secara detail terkait transaksi mencurigakan sebesar Rp 349 triliun tersebut.

"Untuk mengungkapkan kebenaran ini, saya mohon Pak Mahfud jangan mundur satu langkah. Oleh karena itu saya minta, silahkan ditulis, jangan demi menjaga kursi dia mencla-mencle," ujar Benny.

"Kalau berani dia, kalau mau benar sesuai omongan dia, itu yang saya tantang. Jangan lepas, ini dan itu, harus berani dong. Termasuk merilis atau melepas kenyamananmu demi kebenaran. untuk Indonesia bersih," kata Wakil Ketua Umum Partai Demokrat itu.

Polemik transaksi janggal Rp 349 belum selesai. Mahfud menegaskan siap hadir dalam rapat bersama DPR yang akan digelar pekan ini. Tak hanya itu Mahfud juga meminta anggota dewan yang selama ini kritis untuk datang.

"Bismillah. Mudah"an Komisi III tdk maju mundur lagi mengundang sy, Menko Polhukam/Ketua KNK-pp-TPPU. Sy sdh siap hadir. Sy tantang Sdr. Benny K. Harman jg hadir dan tdk beralasan ada tugas lain. Bgt jg Sdr Arteria dan Sdr. Arsul Sani. Jgn cari alasan absen," ujar Mahfud MD lewat kicauannya di Twitter pada Ahad (26/3/2022).

Seperti diketahui Mahfud MD merupakan menteri pertama yang mengungkap transaksi janggal Rp 300 triliun di Kementerian Keuangan. Awalnya Mahfud menyebut dugaan transaksi mencurigakan itu sebagian ada di Ditjen Pajak dan Bea Cukai. Namun belakangan informasi itu dipertanyakan, termasuk Menteri Keuangan yang tak tahu soal data tersebut.  

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement