Ini Isi Konten Ramadhan dari Tiga Kreator TikTok

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari

Ahad 26 Mar 2023 09:05 WIB

Berdasarkan sumber Studi “Ramadan 2023 with TikTok: Winning Hearts and Carts”, ini terlihat di Ramadhan tahun lalu, di mana terjadi peningkatan lebih dari 70 persen pada jumlah views dan 66 persen pada jumlah unggahan video seputar Ramadhan bisa dibandingkan tahun sebelumnya./ilustrasi Foto: Republika/Putra M. Akbar Berdasarkan sumber Studi “Ramadan 2023 with TikTok: Winning Hearts and Carts”, ini terlihat di Ramadhan tahun lalu, di mana terjadi peningkatan lebih dari 70 persen pada jumlah views dan 66 persen pada jumlah unggahan video seputar Ramadhan bisa dibandingkan tahun sebelumnya./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Sebagai platform hiburan yang inklusif, TikTok terus menjadi wadah bagi semua komunitas dari berbagai latar belakang dan lintas generasi untuk merayakan keberagaman dan kebersamaan mereka, termasuk saat Ramadhan. Berdasarkan sumber Studi “Ramadan 2023 with TikTok: Winning Hearts and Carts”, ini terlihat di Ramadhan tahun lalu, di mana terjadi peningkatan lebih dari 70 persen pada jumlah views dan 66 persen pada jumlah unggahan video seputar Ramadhan bisa dibandingkan tahun sebelumnya.

Pada 2023 ini, TikTok kembali meluncurkan kampanye Ramadhan bertajuk #SerunyaBareng. Kreator TikTok Herma Retno Prabayanti (@hermaprabayanti) mengungkapkan dia akan membuat konten hal-hal yang dilakukan keluarga, tetapi di sisi lain banyak keluarga di luar sana menganggap hal ini mustahil. Misalnya, saat Ramadhan yang waktunya harus dibagi-bagi untuk keluarga, teman, kerabat dan lain-lain, tetapi Herma bisa tetap dekat dengan lingkaran dalam keluarga.

Baca Juga

“Jadi itu yang aku bagi, edukasi bahwa komunikasi antara seorang ibu dan A, komunikasi dengan suami ataupun anak itu harus dijaga meski kita benar-benar super sibuk. Jadi keharmonisan keluarga itu memang belum banyak konten yang bermain di ranah itu,” ujar Herma acara virtual “Konferensi Pers Peluncuran Kampanye Ramadan #SerunyaBareng di TikTok”.

Dia ingin pengguna TikTok yang melihat kontennya menjadi ingat dengan anaknya. Contohnya, membelikan makanan untuk anak kalau tidak sempat masak. “Jadi sesimple itu aku pengin berbagi lewat video pendek yang ada di TikTok,” katanya.

Sementara itu kreator TikTok Ayuenstar (@ayuenstarofc) mengungkapkan dapat membawakan jingle Ramadhan yang terinspirasi dari lagu “Ada Anak Bertanya Pada Bapaknya” karya grup legendaris Bimbo dan terlibat di kampanye bertajuk #SerunyaBareng sebagai penyanyi dan kreator LIVE merupakan kesempatan yang luar biasa sekali.

Ayuenstar tidak sabar untuk bisa menghibur komunitas TikTok dengan rangkaian lagu-lagu yang akan dia bawakan di program live streaming di TikTok LIVE juga. “Tentunya juga salah satu cara aku untuk ikut kampanye #SerunyaBareng ini bisa live streaming Ngabuburit bareng setiap sore juga. Nanti aku juga bakal ada di karnaval Ramadhan juga tanggal 8, program TikTok juga. Pokoknya jangan sampai ketinggalan,” ujar Ayuenstar.

Di sisi lain, penyanyi Rossa mengatakan sejak punya akun TikTok, salah satu momen yang paling dia tunggu-tunggu itu adalah Ramadhan di TikTok. Setiap tahun, Rossa selalu ke TikTok untuk mencari inspirasi menu berbuka bersama keluarga, berbincang-bincang dengan Pecinta Rossa, dan berbagai keseruan perayaan Lebaran bersama dengan keluarga.

Tahun kemarin Rossa juga ikut salah satu livestream Ramadhan di TikTik LIVE yang ternyata seru sekali. “Tahun ini aku memutuskan ikut tampil di program #Ngabuburit Bareng di TikTok LIVE untuk menghibur komunitas TikTok dan Pecinta Rossa. Semoga lewat program ini, masyarakat bisa ngabuburit bareng lebih seru sambil menjalani bulan suci Ramadhan bareng keluarga, teman, maupun orang terdekat mereka,” kata Rossa, yang sering berbagi kebersamaan dengan keluarganya lewat akun @rossa.official di TikTok.