Rabu 22 Mar 2023 14:59 WIB

Indo Barometer: Erick Thohir Cocok Dipasangkan dengan Ganjar atau Prabowo

Erick Thohir layak disandingkan dengan Capres bagian dari Pemerintahan Jokowi

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto
Foto: Bumn
Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nama Erick Thohir muncul sebagai Capwares 2024 terkuat dalam survei oleh Indo Barometer yang dirilis pada Selasa (21/3/2023). Lantas, dengan siapa Erick cocok dipasangkan dan bagaimana peluangnya? 

Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari mengatakan Erick Thohir layak disandingkan dengan Capres yang merupakan bagian dari pemerintahan saat ini dan mendapat endorse dari Presiden Joko Widodo. "Kita lihat kalau bukan Ganjar Pranowo, ya Prabowo Subianto," kata Qudori di Jakarta, Rabu (22/3/2023). 

Dalam survei terbaru Indo Barometer, tiga nama bakal calon presiden yang menduduki posisi teratas adalah Ganjar Pranowo (29,4 persen), Prabowo Subianto (27,5 persen) dan Anies Baswedan (23,9 persen). 

Dengan Ganjar, kata Qodari, sejauh ini sudah terbangun kedekatan atau chemistry antara keduanya. Ini terlihat dengan seringnya mereka tampil bersama dalam sejumlah agenda pemerintahan. Namun begitu, Erick Thohir juga bukan tak mungkin berpasangan dengan Prabowo Subianto. 

"Ini masih sangat dinamis. Saya lihat walaupun secara fisik (Erick) sering terlihat dengan Ganjar, tetapi buat Prabowo, Erick juga bisa menjadi opsi," ucap Qodari. 

Menurut Qodari, Prabowo selama ini tidak hanya melihat sosok individu tetapi juga organisasinya. Posisi Erick sebagai bagian dari Banser NU, kata Qodari, pasti menjadi pertimbangan tersendiri bagi Prabowo, selain faktor logistik yang dimiliki Erick.   

Sedangkan dengan Anies, menurut Qodari, belum terlihat titik temunya. Sebab, Anies mengusung gagasan perubahan, sedangkan Erick sejalan dengan Presiden Jokowi untuk melanjutkan program pembangunan yang sedang berjalan.

Sebelumnya diberitakan, Erick Thohir menduduki urutan teratas dalam survei Cawapres oleh Indo Barometer dengan mendulang suara tertinggi (22,9 persen), disusul Khofifah Indar Parawansa (15,8 persen), Muhaimin Iskandar (6,7 persen), Puan Maharani (6,3 persen) dan Chairul Tanjung (2,7 persen).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement