Senin 20 Mar 2023 11:33 WIB

Setelah 20 Tahun, Tujuan Invasi AS ke Irak Masih Dipertanyakan

Alasan menginvasi Irak dibangun di atas tiga premis dasar yang masih dipertanyakan

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
 Orang-orang yang berjalan di sepanjang Rasheed Street tercermin dalam potret hitam-putih Presiden Irak Saddam Hussein di Bagdad, Irak, 26 Februari 2003 (Diterbitkan 15 Maret 2023). Pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat melancarkan invasi militer ke Irak pada 19 Maret 2003 menyusul mantan Presiden George W. Bush, dan klaim pemerintahannya bahwa Irak telah menimbun senjata pemusnah massal.
Foto: EPA-EFE/JIM LO SCALZO
Orang-orang yang berjalan di sepanjang Rasheed Street tercermin dalam potret hitam-putih Presiden Irak Saddam Hussein di Bagdad, Irak, 26 Februari 2003 (Diterbitkan 15 Maret 2023). Pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat melancarkan invasi militer ke Irak pada 19 Maret 2003 menyusul mantan Presiden George W. Bush, dan klaim pemerintahannya bahwa Irak telah menimbun senjata pemusnah massal.

REPUBLIKA.CO.ID, BAGHDAD -- Pada 20 Maret 2003, Amerika Serikat (AS) memimpin koalisi melancarkan invasi penuh ke Irak, Inggris termasuk di dalamnya.  Alasan menginvasi negara Timur Tengah dibangun di atas tiga premis dasar menurut Aljazirah.

Pertama, rezim Saddam Hussein memiliki senjata pemusnah massal (WMD). Kedua, Irak mengembangkan lebih banyak  keuntungan potensial dari kelompok "teroris". Ketiga, menciptakan Irak yang “ramah dan demokratis” akan menjadi contoh bagi wilayah tersebut.

Baca Juga

Tapi, 20 tahun setelah peluncuran Operasi Pembebasan Irak, tujuan tersebut masih dipertanyakan. Justru perang Irak telah membayangi kebijakan luar negeri AS, dengan dampak hingga hari ini.

“Izinkan saya memulai dengan mengatakan, kami hampir semuanya salah, dan saya pasti menyertakan diri saya di sini,” ujar kepala Kelompok Survei Irak (ISG) David Kay mengatakan kepada Senat AS pada 29 Januari 2004.

Timn Kay melakukan misi pencarian fakta yang dibentuk pasukan multinasional untuk menemukan dan menonaktifkan senjata pemusnah massal Irak. Mereka akhirnya tidak dapat menemukan bukti substansial Saddam Hussein memiliki program pengembangan senjata yang aktif. Padahal pemerintahan George W Bush telah menyatakan hal itu sebagai kepastian sebelum invasi.

Dalam pidato di Cincinnati di Negara Bagian Ohio pada 7 Oktober 2002, presiden AS itu menyatakan, Irak memiliki dan memproduksi senjata kimia dan biologi. "Itu sedang mencari senjata nuklir," kata Bush.

Bush kemudian menyimpulkan, Hussein harus dihentikan. "Diktator Irak tidak boleh dibiarkan mengancam Amerika dan dunia dengan racun dan penyakit yang mengerikan dan gas dan senjata atom," ujar Bush.

Perdana Menteri Inggris Tony Blair mengatakan hal yang sama pada 24 September 2002. Dia mempresentasikan dokumen intelijen Inggris yang menegaskan bahwa Hussein dapat mengaktifkan senjata kimia dan biologi dalam waktu 45 menit, termasuk terhadap mayoritas populasi Syiah.

Ketika ISG mempresentasikan temuan, salah satu argumen utama perang telah runtuh. “Kami punya bukti mereka pasti bisa menghasilkan [WMD] dalam jumlah kecil, tapi kami belum menemukan bukti adanya timbunan itu,” kata Kay dalam kesaksiannya.

Menurut wakil direktur program Timur Tengah Afrika Utara di Chatham House Sanam Vakil, keputusan untuk menginvasi Irak adalah pelanggaran besar terhadap hukum internasional. Tujuan sebenarnya dari pemerintahan Bush adalah efek transformasional yang lebih luas di wilayah tersebut.

“Kami tahu intelijen dibuat dan [Hussein] tidak memiliki senjata,” kata Vakil.

“Mereka merasa, dengan menggulingkan Saddam Hussein dan membawa demokrasi ke Irak maka akan ada efek domino,” katanya.

Menurut Melvyn Leffler, penulis buku Confronting Saddam Hussein ketidakpastian adalah faktor penentu di bulan-bulan sebelum invasi. “Ada rasa ancaman yang luar biasa. Komunitas intelijen pada hari-hari dan minggu-minggu setelah 9/11 mengembangkan apa yang mereka sebut 'matriks ancaman', daftar harian dari semua ancaman yang masuk. Daftar ancaman ini disampaikan kepada presiden setiap hari," ujarnya.

Hussein sendiri telah membuat banyak orang percaya bahwa program WMD Irak aktif. Dalam sebuah wawancara oleh interogator AS yang menyusun laporan tersebut pada 2004, dia mengaku sengaja membuat ambigu mengenai apakah negara tersebut masih mempertahankan agen biologis dalam upaya untuk mencegah musuh lama, Iran.

Terlebih lagi, selama bertahun-tahun sebelum invasi, Hussein menolak inspeksi oleh Komisi Pemantauan, Verifikasi, dan Inspeksi PBB, yang didirikan pada 1999. Badan ini memiliki mandat untuk melucuti senjata pemusnah massal Irak.

Serangan terhadap World Trade Center pada 11 September 2001 juga menyeret AS pada kampanye militer kontraterorisme global selama puluhan tahun. Program yang dijuluki "Perang Melawan Teror" ini berbuah panjang.

Dalam pidato kenegaraan pada 29 Januari 2002, Bush menyatakan dengan tegas bahwa AS akan memerangi "kelompok teroris" atau negara mana pun yang dianggap melatih, memperlengkapi, atau mendukung "terorisme". “Negara-negara seperti ini, dan sekutu terorisnya, merupakan poros kejahatan, yang bertujuan untuk mengancam perdamaian dunia,” katanya.

Pidato tersebut melanjutkan untuk mengidentifikasi Irak sebagai pilar "poros kejahatan". “Irak terus memamerkan permusuhannya terhadap Amerika dan mendukung teror,” kata presiden AS itu.

Setahun kemudian, pada 30 Januari 2003, Wakil Presiden Dick Cheney menarik hubungan antara pemerintah Hussein dan kelompok yang dianggap berada di balik 9/11. Dia menyatakan bahwa Irak membantu dan melindungi teroris, termasuk anggota Alqaedah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement