Jumat 17 Mar 2023 07:34 WIB

Pemburu Beasiswa, Cek Tawaran Menarik dari Pertamina Foundation

Pertamina Foundation menawarkan Beasiswa Sobat Bumi untuk mahasiswa.

PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Foundation lewat program PFprestasi, kembali membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk memperoleh beasiswa pendidikan sarjana (S1) dan vokasi (D3/D4).
Foto: Pertamina Foundation
PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Foundation lewat program PFprestasi, kembali membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk memperoleh beasiswa pendidikan sarjana (S1) dan vokasi (D3/D4).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA---PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Foundation lewat program PFprestasi, kembali membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk memperoleh beasiswa pendidikan sarjana (S1) dan vokasi (D3/D4). 

Bertempat di Auditorium Candradimuka Universitas Airlangga (Unair), Presiden Direktur Pertamina Foundation Agus Mashud S. Asngari bersama 38 mitra perguruan tinggi dari Sumatera hingga Papua secara resmi meluncurkan Beasiswa Sobat Bumi 2023.

Baca Juga

“Beasiswa Sobat Bumi merupakan bentuk kepedulian Pertamina dalam aspek pendidikan bagi generasi muda bangsa dan menjalankan dua fokus TJSL BUMN, yakni pendidikan dan lingkungan. Di samping bantuan pendidikan (bantuan SPP/UKT dan bantuan biaya hidup), kami berkomitmen untuk membentuk mereka tidak hanya berprestasi tapi juga cinta budaya lewat pagelaran budaya dan peduli terhadap kelestarian bumi lewat Aksi Sobat Bumi, Inilah yang membuat beasiswa kami bisa dibilang paket komplit,” ujar Agus Mashud S selaku Presiden Direktur Pertamina Foundation dalam siaran pers, Jumat (17/3/2023).

“Dengan beasiswa ini, kami menjalankan amanah dari Direktur Utama Nicke Widyawati untuk mengutamakan penyediaan pendidikan berkualitas karena merupakan fondasi penting untuk kemajuan Indonesia,” tambah Agus.

 

Hadir sejak tahun 2011 hingga 2022, Pertamina telah memberikan bantuan pendidikan kepada 3.957 mahasiswa dari Sumatera hingga Papua lewat Beasiswa Sobat Bumi. Selama masa pandemi, alokasi penerima Beasiswa Sobat Bumi juga terus meningkat dari tahun 2020 memberikan kepada 285 mahasiswa, 2021 kepada 381 mahasiswa, dan tahun 2022 kepada 420 penerima.

“Jumlah penerima yang terus meningkat membawa tantangan bagi kami sebagai penyelenggara untuk semakin bisa meningkatkan kapasitas mereka. Maka dari itu, kami berkomitmen untuk melibatkan mereka dalam ekosistem Pertamina Grup, seperti menjadi binaan PFseries, berpartisipasi dalam Voluntary Days bersama pekerja Pertamina, MBKM di lokasi Desa Energi Berdikari, aksi dalam Pertamina Peduli, dan magang di Pertamina Grup,” ujar Yulius S. Bulo selaku Direktur Operasi Pertamina Foundation.

Pendaftaran Beasiswa Sobat Bumi dibuka pada tanggal 20 Maret hingga 25 April 2023. Setelah pendaftaran, mereka akan mengikuti seleksi yang terdiri dari seleksi administrasi, seleksi wawancara, dan Focus Group Discussion. Pendaftaran dapat dilakukan pada website pertaminafoundation.org dan persyaratan hingga mitra perguruan tinggi beasiswa dapat dilihat pada media sosial resmi Pertamina Foundation.

“Beasiswa Sobat Bumi mengajarkan saya bagaimana caranya berprestasi sekaligus bisa berdampak positif bagi masyarakat dan lingkungan lewat pelatihan dan aksi-aksi yang menginspirasi, seperti Aksi Sobat Bumi. Hal ini membuat saya tertarik untuk berkontribusi lebih bersama Pertamina dengan mengikuti program PFmuda yang berfokus pada pemberdayaan masyarakat,” ujar Brenda, penerima Beasiswa Sobat Bumi Institut Teknologi Sepuluh Nopember. 

sumber : siaran pers
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement