Rabu 15 Mar 2023 15:30 WIB

Pempek Masuk Kategori Makanan Terenak di Dunia

Menurut hasil survei Taste Atlas, pempek di urutan keempat makanan terbaik dunia.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Erik Purnama Putra
Beragam jenis pempek yang dijual dengan harga terjangkau di Jalan Mujahidin, Kota Palembang, Provinsi Sumatra Selatan.
Foto: Republika/Maspril Aries
Beragam jenis pempek yang dijual dengan harga terjangkau di Jalan Mujahidin, Kota Palembang, Provinsi Sumatra Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makanan khas Palembang, Provinsi Sumatra Selatan, pempek ramai dibicarakan di media sosial terkait torehannya menjadi makanan terbaik keempat di dunia. Makanan Indonesia kembali menjabat sebagai makanan terenak di dunia menurut Taste Atlas.

Menurut hasil survei oleh Taste Atlas melalui laman resminya, yang dikutip pada Rabu (15/3/2023), pempek menduduki peringkat keempat hidangan seafood atau makanan laut terbaik di dunia. Nilainya tercatat sebesar 4,7.

"Ini adalah 50 makanan seafood terbaik di dunia. Yang mana favorit kalian," kata ketenangan Taste Atlas melampirkan 50 daftar makanan terbaik seafood di dunia di Instagram @tasteatlas.

Taste Atlas adalah sumber rasa hidangan tradisional dunia yang merangkum berbagai makanan yang diteliti dan dipetakan dan menjadi populer di kota, wilayah dan desa di dunia. Makanan yang disurvei berasal dari seluruh dunia.

Makanan berbahan dasar ikan, pempek berhasil mengalahkan puluhan jenis makanan olahan seafood lain dari negara lain. Pempek merupakan makanan berbahan ikan yang digiling, dicampur tepung dan bisa digoreng dan tidak. Yang membuat pempek menjadi lebih nikmat dan memanjakan lidah adalah penambahan cuko atau kuah pedas.

Saat ini, terdapat beberapa jenis pempek yang bisa dipilih oleh penikmat seperti pempek lenjer, pempek kapal selam, pempek keriting, pempek pistel, pempek adaan, pempek tahu, dan lainnya. Pempek disajikan biasanya dengan mie kuning, ebi udang bubuk asin, ketimun dan tidak ketinggalan kuah cuko hitam khas pempek.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement