Senin 13 Mar 2023 17:33 WIB

Daftar Mudik Gratis Lewat Aplikasi, Ini Caranya

Ditjen Perhubungan Darat membuka pendaftaran mudik gratis.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Ahmad Fikri Noor
Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno di Gedung Kemenhub, Senin (13/3/2023) menjelaskan mengenai pendaftaran mudik gratis Lebaran 2023 yang dibuka mulai hari ini (13/3/2023) hingga 14 April.
Foto: Republika/Rahayu Subekti
Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno di Gedung Kemenhub, Senin (13/3/2023) menjelaskan mengenai pendaftaran mudik gratis Lebaran 2023 yang dibuka mulai hari ini (13/3/2023) hingga 14 April.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mulai hari ini (13/3/2023) membuka pendaftaran mudik gratis menggunakan bus sekaligus truk untuk mengangkut sepeda motor. Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno mengatakan, masyarakat dapat mendaftar melalui aplikasi Mitra Darat yang dapat diunduh melalui Apps Store dan Play Store.

"Saya imbau kepada masyarakat gunakan kesempatan mudik gratis yang diselenggarakan kementerian, lembaga lain, dan BUMN. Jangan menggunakan sepeda motor karena sangat berisiko," kata Hendro dalam konferensi pers, Senin (13/3/2023).

Baca Juga

Program mudik gratis jalur darat tersebut menggunakan sebanyak 585 unit bus untuk mengakomodir penumpang. Sebanyak 459 bus akan digunakan untuk arus mudik dan 126 bus untuk arus balik.

Ditjen Perhubungan Darat juga menyediakan 15 unit truk untuk arus mudik dan 15 unit truk untuk arus balik. Kuota yang disediakan sebanyak 24.072 penumpang.

"Untuk arus mudik sebanyak 18.528 penumpang dan untuk arus balik 5.544 penumpang," ucap Hendro.

Berikut cara mendaftar mudik gratis melalui aplikasi Mitra Darat:

1. Peserta mengunduh aplikasi Mitra Darat melalui Apps Store atau Play Store dan mendaftar atau log in.

2. Peserta mengisi data diri, tujuan mudik dan atau balik, pilih tanggal keberangkatan, dan instruksi lainnya.

3. Peserta akan mendapatkan e-ticket atau kode booking hasil pendaftaran.

4. Selanjutnya, peserta datang ke lokasi validasi untuk mendapatkan tiket. Untuk di Jakarta berada di GOR Bulungan, Blok M Jakarta Selatan. Sementara di Depok ada di Terminal Margonda Depok, Tangerang di Kantor Dishub Kota Tangerang, Tangerang Selatan di Terminal Pondok Cabe, dan Bekasi di Terminal Kayuringin.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement