Kamis 09 Mar 2023 15:16 WIB

Harga Lebih Kompetitif, Penjualan Mobil Bekas Melonjak 40 Persen pada 2022

Mobil bekas melalui lelang menggiurkan karena harganya jauh di bawah harga showroom.

Rep: Novita Intan/ Red: Fuji Pratiwi
Tenaga penjual memberikan informasi kepada calon pembeli saat melihat kondisi mobil bekas (ilustrasi). Geliat pasar mobil bekas semakin tinggi dan diminati masyarakat. Sepanjang 2022 penjualan mobil bekas di Indonesia meningkat sekitar 30-40 persen.
Foto: ANTARA/Muhammad Iqbal
Tenaga penjual memberikan informasi kepada calon pembeli saat melihat kondisi mobil bekas (ilustrasi). Geliat pasar mobil bekas semakin tinggi dan diminati masyarakat. Sepanjang 2022 penjualan mobil bekas di Indonesia meningkat sekitar 30-40 persen.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Geliat pasar mobil bekas semakin tinggi dan diminati masyarakat. Sepanjang 2022 penjualan mobil bekas di Indonesia meningkat sekitar 30-40 persen. 

Perusahaan lelang otomotif swasta PT Balai Lelang Asta Nara Jaya menyampaikan, beberapa survei yang dilakukan dari tahun ke tahun menunjukkan optimisme perkembangan minat pembelian mobil bekas.

Baca Juga

Head of Balai Lelang Asta Nara Jaya Bady Qardasyah mengatakan, masyarakat memilih membeli mobil bekas dengan pertimbangan penampilan, kondisi dan harga yang kompetitif. Pembelian mobil bekas melalui proses lelang menjadi alternatif menggiurkan karena besar kesempatan bagi peserta lelang dan harga jauh di bawah harga mobil bekas di showroom.

"Ada dua sumber mobil bekas yang akan dilelang, yakni titip jual aset kendaraan dari perusahaan dan titip jual perorangan," ucap Bady dalam riset survei perusahaan, Kamis (9/3/2023).

Bady menyebut proses lelang dilakukan secara terbuka dan dapat diikuti oleh individu maupun perusahaan, yang masing-masing dapat membeli unit mobil secara satuan. Tak ada perlakuan khusus yang diberikan, baik kepada individu maupun

Kelompok tertentu saat mengikuti pelelangan, sehingga setiap orang mendapatkan kesempatan yang sama dalam melakukan penawaran dan mendapatkan mobil bekas.  Adanya kemitraan mendorong keabsahan surat-surat seperti STNK, BPKB, hingga surat pelepasan mobil dari perusahaan dijamin langsung didapat oleh peserta yang menang lelang.

Asta Nara Jaya juga memberikan kesempatan kepada perorangan untuk menitipkan mobilnya di pelelangan yang dilakukan setiap Jumat. Bagi individu yang ingin menitipkan kendaraannya dilelang, dapat mengunjungi website resmi AUKSI (www.auksi.co.id) dan pilih menu "titip jual" terlebih dahulu untuk mengetahui estimasi harga jual dan pengisian data. 

Pelanggan tinggal memasukkan merk, tipe, dan tahun kendaraan untuk mendapatkan estimasi harga dasar kendaraan. Kemudian jika estimasi harga dirasa sesuai, pelanggan dapat langsung melakukan pengisian data berupa nama lengkap dan nomor kontak yang dapat dihubungi. Setelah itu, tim penjualan AUKSI akan menghubungi pelanggan penandatanganan dokumen perjanjian antara pemilik kendaraan dengan pihak AUKSI. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement