Rabu 08 Mar 2023 12:38 WIB

Empat Langkah Sederhana Jaga Tubuh dari Ancaman Cuaca Ekstrem

Perubahan cuaca ekstrem dari panas ke hujan bisa sebabkan kualitas udara memburuk.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Gaya hidup sehat (ilustrasi). Ada beberapa cara sederhana untuk menjaga kesehatan dari ancaman cuaca ekstrem.
Foto: www.freepik.com
Gaya hidup sehat (ilustrasi). Ada beberapa cara sederhana untuk menjaga kesehatan dari ancaman cuaca ekstrem.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di tengah cuaca ekstrem yang tidak menentu, Anda perlu ekstra hati-hati karena virus, bakteri, dan kuman akan bermunculan. Keberadaan mereka bahkan bisa menyebabkan wabah penyakit yang menular.

Perubahan cuaca yang tiba-tiba dari panas ke hujan juga bisa menyebabkan kualitas udara menjadi buruk dan berisiko membuat kamu terkena flu, bantuk, hingga demam. Apalagi jika daya tahan tubuh tidak optimal, penyakit akan lebih mudah menyerang.

Baca Juga

Agar tubuh tidak gampang sakit, sebaiknya jaga daya tahan tubuh dengan beberapa cara sederhana di bawah ini seperti dikutip dari siaran pers yang dikirimkan oleh Vitacimin:

1. Istirahat yang cukup

Bekerja dan bermain seharian bisa membuat Anda jadi kelelahan dan berisiko menurunkan imun tubuh. Untuk itu, penuhi waktu tidur yang cukup setiap harinya mulai dari tujuh hingga delapan jam. Dengan istirahat yang cukup, tubuh akan lebih relaks pada pagi hari dan siap beraktivitas lebih optimal.

2. Sempatkan olahraga

Joging selama 30 menit bisa membantu membakar 190 kalori. Selain bikin sehat dan bantu menyegarkan tubuh, olahraga juga bisa membakar kalori berlebihan yang ada di tubuh. Otomatis, berat badan bisa ikutan berkurang. Coba cari jenis olahraga yang paling cocok buat Anda misalnya berenang, bersepeda, badminton, tennis, golf, atau yang lainnya.

3. Belajar makan sayur dan buah

Nasi padang dan gorengan bisa jadi menu makanan favorit Anda, tapi ingat penuhi asupan serat, vitamin, dan mineral penting lainnya dari buah dan sayur. Ada kandungan nutrisi penting pada buah dan sayur yang bisa bantu tubuhmu melawan penyakit.

Pastikan Anda makan buah dan sayur setiap hari. Mulai ganti camilan tinggi garam dengan beberapa porsi buah atau sayur supaya imun tubuh tetap terjaga.

4. Penuhi asupan vitamin C harian

Kebutuhan vitamin C cukup penting agar tubuh tetap sehat agar dapat meningkatkan kadar antioksidan di dalam darah hingga 30 persen. Jika kadar antioksidan sudah tercukupi, tubuh akan mampu mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas.

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dengan rutin mengonsumsi vitamin C yaitu bisa menurunkan risiko penyakit yang disebabkan oleh hipertensi. Salah satunya, penyakit jantung.

Bila kebutuhan vitamin C sudah terpenuhi dengan baik, produksi kolagen juga akan semakin meningkat untuk mencegah munculnya keriput, mencerahkan kulit, dan menjaga keremajaan kulit. Sumber vitamin C bisa Anda dapatkan dari berbagai sayur dan buah mulai dari jeruk, lemon, jambu, stroberi, tomat, hingga paprika. Selain itu, kamu juga bisa bantu penuhi kebutuhan vitamin C harian dengan konsumsi suplemen.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement