Senin 06 Mar 2023 10:02 WIB

Erick Thohir Dorong Kontribusi Pegawai BUMN Melalui Program Relawan Bakti BUMN

Relawan Bakti BUMN merupakan bentuk komitmen BUMN memberikan kontribusi terbaik

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan BUMN tak hanya berperan sebagai penggerak perekonomian, melainkan juga dalam segi sosial.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan BUMN tak hanya berperan sebagai penggerak perekonomian, melainkan juga dalam segi sosial.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan BUMN tak hanya berperan sebagai penggerak perekonomian, melainkan juga dalam segi sosial. Erick menyampaikan program Relawan Bakti BUMN merupakan bentuk komitmen dalam memberikan kontribusi terbaik bagi masyarakat dan negara.

"Para pegawai BUMN harus mampu meningkatkan jiwa kerelawanan dalam memberikan kontribusi terbaik bagi masyarakat dan negara," ujar Erick di Jakarta, Selasa (7/3/2023), seperti dalam siaran persnya.

Erick menilai program ini dapat menjembatani implementasi Akhlak bagi para pegawai BUMN. Erick mengatakan program Relawan Bakti BUMN batch III yang melibatkan 21 BUMN dan anak usaha digelar serentak pada 7-10 Maret di sepuluh lokasi, yakni Batam, Palembang, Bangka Belitung, Jatiluhur, Borobudur, Banyuwangi, Timor Tengah Selatan, IKN Nusantara, Makassar dan Wakatobi. 

"Alhamdulillah setelah sukses pada program Relawan Bakti BUMN I dan II pada Mei dan Agustus 2022, saat ini Batch III juga akan berjalan," ucap Erick.

Baca juga: Erick Lapor Kasus Korupsi Baru di BUMN, Clue: Sektor Keuangan

Erick menyampaikan selamat kepada para relawan yang telah lolos untuk mengikuti Program Relawan Bakti BUMN. Erick menilai program ini dapat memberikan pengalaman baru kepada para pegawai dalam mengetahui persoalan yang terjadi di tengah masyarakat.

"Saya berharap partisipasi para relawan dapat menjadi bagian dalam peningkatan kompetensi pegawai, khususnya dalam hal kolaborasi dan kepedulian kepada sesama," kata Erick.

Asisten Deputi bidang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), Kementerian BUMN, Edi Eko Cahyono mengatakan persiapan program telah dilaksanakan sejak Januari 2023 dengan pembukaan pendaftaran peserta Program Relawan Bakti BUMN. Edi menyampaikan terdapat 105 Relawan Bakti batch III yang lolos dari 11.063 pendaftar serta tiga pegawai Kementerian BUMN yang mengikuti rangkaian seleksi di internal Kementerian BUMN.

Baca juga : Kodam IV Sebut Oknum TNI Keluarkan Sangkur Hanya Kesalahpahaman

"Dalam hal pemilihan kegiatan, kami telah melakukan mapping social dan analisis atas isu-isu yang menjadi perhatian di masyarakat tersebut dengan tetap sejalan dengan fokus prioritas Program TJSL BUMN yang ditetapkan Menteri BUMN Erick Thohir, yaitu Pendidikan, Lingkungan dan Pengembangan UMK," kata Edi.

Edi  berharap agar rangkaian kegiatan Program Relawan Bakti BUMN Batch III dapat terlaksana dengan baik dan lancar sehingga tujuan dan makna atas pelaksanaan program dapat untuk para relawan dan juga masyarakat. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement