Sabtu 04 Mar 2023 11:06 WIB

Mobil Listrik China Dirakit di Kenya

Bus Listrik produksi China yang dirakit di Kenya sebanyak 130 unit.

Sasar transisi ramah lingkungan, Kenya beralih ke bus listrik buatan China
Foto: Xinhua
Sasar transisi ramah lingkungan, Kenya beralih ke bus listrik buatan China

REPUBLIKA.CO.ID,NAIROBI - Perusahaan otomotif Kenya, Associated Vehicle Assemblers (AVA), pada pekan ini mengatakan pihaknya akan merakit 130 mobil listrik, yakni bus listrik yang diproduksi oleh perusahaan otomotif China BYD pada 2023.

 

Baca Juga

Direktur Pelaksana AVA Matt Lloyd mengatakan kepada Xinhua di Nairobi, ibu kota Kenya, bahwa sejauh ini perusahaannya telah merakit 15 bus listrik BYD untuk pasar lokal yang diimpor sebagai kumpulan suku cadang (knock-down).

 

"Keunggulan BYD adalah salah satu pemimpin dunia dalam pembuatan kendaraan listrik dan tingkat kualitas kendaraannya sangat tinggi," kata Lloyd di sela-sela sebuah forum kendaraan listrik sebagaimana dilaporkan Xinhua, Jumat (3/3/2023).

 

Berbagai negara saat ini mulai menggunakan bus listrik. Tak terkecuali di Indonesia. Pemerintah DKI Jakarta termasuk daerah yang memprioritaskan bus listrik. Baru-baru ini Pemerintah DKI Jakarta menggencarkan penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) melalui nota kesepahaman (MoU) antara pengelola Transjakarta dan sektor swasta yang menyasar penggunaan lebih dari 10 ribu unit bus Transjakarta pada 2030.

 

"Ini salah satu mimpi bagi pemerintah Jakarta yang berusaha kami wujudkan," kata Kepala Departemen Perencanaan dan Standarisasi PT Transjakarta, Chandra Rakhmat dalam workshop yang diselenggarakan The International Council on Clean Transportation (ICCT) bersama Komite Penghapusan Bensin Bertimbel (KPBB) melalui siaran resmi, Jumat (23/9/2022).

 

Analis Kerja Sama Direktorat Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Supriyadi mengungkapkan, pemerintah sudah mempersiapkan regulasi dan strategi untuk mewujudkan rencana percepatan penggunaan kendaraan listrik.

 

Salah satunya, Peraturan Presiden (Perpres) No. 55 Tahun 2019. Terbaru, ada Inpres Nomor 7 Tahun 2022 tentang penggunaan KBBLB sebagai kendaraan dinas operasional, “serta kendaraan perorangan dinas instansi pemerintah pusat dan pemerintah daerah," kata Supriyadi.

 

Pemerintah DKI Jakarta juga sudah menggunakan kendaraan listrik pada bus Transjakarta yang resmi beroperasi pada Maret 2022 sejumlah 30 unit bus listrik.

 

sumber : antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement