Kamis 02 Mar 2023 12:56 WIB

Takesi di Cisontrol Ciamis Diharapkan Tingkatkan Ekonomi Warga

Selain jadi tempat kreativitas, Takesi di Cisontrol Ciamis bisa jadi tempat edukasi.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Irfan Fitrat
Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra meresmikan Taman Rekreasi dan Edukasi (Takesi) di Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (1/3/2023).
Foto: Dok. Humas Pemkab Ciamis
Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra meresmikan Taman Rekreasi dan Edukasi (Takesi) di Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (1/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, CIAMIS — Taman Rekreasi dan Edukasi alias “Takesi” di Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, diresmikan, Rabu (1/3/2023). Diharapkan keberadaan Takesi ini dapat turut mendorong perekonomian warga desa.

Kepala Desa Cisontrol, Waryono mengatakan, pembangunan Takesi ini merupakan ide dari Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis dan pihaknya mencari dukungan dari berbagai kalangan untuk merealisasikannya.

“Di sini masyarakat bisa berdagang, bisa menampilkan kreativitas seni,” ujar dia, dalam siaran pers Pemerintah Kabupaten Ciamis, Rabu.

Dengan adanya Takesi ini, Waryono mengatakan, diharapkan sektor pariwisata di Desa Cisontrol juga dapat berkembang, sehingga bisa ikut mendorong perekonomian warga.

Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra mengapresiasi upaya kepala Desa Cisontrol mendorong pengembangan Takesi, yang juga menjadi salah satu upaya untuk mendorong perekonomian warga. Ke depan, kata dia, pengembangan Takesi ini diharapkan tidak terlalu mengandalkan APBD.

Pemerintah desa diminta merangkul berbagai pihak untuk mendorong pengembangan Takesi. “Rangkul aghniya, para pengusaha, agar bisa jadi sponsor untuk pengembangan tempat ini,” kata Yana.

Sebagaimana namanya, Takesi dapat menjadi tempat untuk rekreasi dan juga edukasi. Yana berharap sisi edukasi juga dioptimalkan.

“Besar harapan kami melalui edukasi yang diberikan di tempat ini, khususnya di wilayah pertanian, perikanan, dan peternakan, dapat lebih meningkatkan minat generasi muda di bidang tersebut,” ujar Yana.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement