Selasa 28 Feb 2023 09:44 WIB

Geliat Konser Musik Turut Dorong Ekonomi Kerakyatan dan Industri Kreatif

Konser ini dinilai dapat menjadi ajang promosi untuk pariwisata Indonesia.

Penyanyi Raisa Andriana tampil pada konsernya yang bertajuk Raisa Live In Concert di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (25/2/2023). Pada konser tersebut Raisa membawakan sejumlah lagu diantaranya Biarkanlah, Serba Salah, dan Pergilah.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Penyanyi Raisa Andriana tampil pada konsernya yang bertajuk Raisa Live In Concert di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (25/2/2023). Pada konser tersebut Raisa membawakan sejumlah lagu diantaranya Biarkanlah, Serba Salah, dan Pergilah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Geliat konser musik di berbagai daerah selepas pandemi menjadi energi tersendiri bagi roda ekonomi kerakyatan. Seperti yang terlihat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, akhir pekan kemarin, tepatnya Sabtu (25/2/2022). 

SUGBK merupakan stadion sepak bola terbesar Ke-28 di dunia dan stadion sepak bola terbesar kedelapan di Asia. Namun, suasana SUGBK yang identik dengan citra maskulin dan olahraga itu mendadak berubah menjadi suasana penuh romansa. Ini tak lepas dari konser tunggal Raisa, penyanyi solo wanita yang namanya di Tanah Air sudah lebih dari sedekade berkibar. 

Baca Juga

Konser tersebut jadi magnet bagi masyarakat pecinta musik sekaligus sumber rejeki bagi UMKM. Sebelum konser, tampak puluhan ribu penonton berbaris rapi di depan kedai-kedai makanan dan minuman yang tertata rapi di kawasan SUGBK. Mereka yang tidak sempat makan di rumah, harus menyiapkan tenaga terlebih dahulu untuk mendengarkan tembang-tembang hits Raisa.

Selain memberikan dampak ekonomi, kehadiran Raisa dalam konser di mana PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI menjadi salah satu sponsor utamanya tersebut mampu mendongkrak hormon endorfin para penggemar fanatiknya setelah sekian lama harus melakukan social distancing akibat pandemi Covid-19 sejak 2019.

 

Konser Raisa mampu memberikan kebahagiaan bagi semua pihak. Apalagi, lagu-lagu soal cinta, patah hati dan kasih sayang untuk anak mampu menghipnotis puluhan ribu penonton. 

Semua itu dijelaskan Raisa lewat lirik-lirik lagunya dengan gamblang dan jelas. Perempuan berusia 32 tahun itu membawakan lagu Berdamai, Biarkanlah, dan Pergilah sebagai pembuka konser bertajuk Raisa Live In Concert Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Lagu-lagu soal cinta yang dilantunkan Raisa kian membuat perasan puluhan ribu penonton menjadi campur aduk, antara cinta sejati, galau, jatuh cinta dan terharu.

"Lagu ini untuk bestie aku, Zalina. Sayangnya, dia enggak ada di sini. Dia sakit. Aku ingin dia ada di sini, biar dia lihat kalau Mama itu keren sedikit punya panggung sebesar ini," ujar Raisa yang teringat Zalina Raine Wyllie, putrinya.

Setelah mengatur emosi, Raisa sebagai penyanyi profesional kembali melanjutkan konser dengan membawakan lagu Jangan Cepat Berlalu yang diciptakan khusus untuk Zalina. 

Raisa kemudian membawakan beberapa tembang populer lainnya yakni Kali Kedua, Usai Di Sini, dan Apalah (Arti Menunggu).

photo
Dalam balutan gaun dengan warna serba biru, Raisa membuka konser tunggalnya di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (25/2/2023). - (Republika/Rahma Sulistya)

 

Konser bertajuk Raisa Live in Concert Stadion Utama Gelora Bung Karno sukses menampilkan spirit karya kreatif anak bangsa. Acara tersebut merupakan kerja keras kolektif berbagai nama yang menghasilkan karya penuh memori bagi para 42 ribu penonton dan industri kreatif lainnya. Salah satunya BNI yang ikut mendukung konser tersebut.

Industri kreatif Indonesia saat ini memang dinilai menjadi salah satu sektor yang memiliki potensi besar untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Bahkan, Presiden Joko Widodo pun telah menginstruksikan para kepala daerah untuk mempermudah izin konser dan acara olahraga untuk membantu perekonomian masyarakat yang tertahan selama masa PPKM pandemi Covid-19 agar bisa kembali bangkit.

"BNI mendukung para seniman Indonesia dalam menghasilkan karya-karya terbaik mereka dan memberikan dukungan untuk mengembangkan industri kreatif di Indonesia," kata Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo, seperti dilansir dari Antara, Senin (27/2/2023). 

Menurut dia, konser ini dinilai dapat menjadi ajang promosi untuk pariwisata Indonesia, sehingga mampu menarik minat para wisatawan lokal maupun mancanegara dan membawa dampak positif bagi perekonomian Indonesia.

Konser ini juga diharapkan dapat menjadi pemantik bagi industri musik di Indonesia untuk terus berkembang dan meningkatkan daya saing industri musik Indonesia di pasar global.

"BNI yakin upaya mendukung pertumbuhan industri kreatif Indonesia dapat memberikan dampak yang signifikan bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia secara keseluruhan. Dalam hal ini, BNI akan terus berperan aktif dalam memajukan industri kreatif di Indonesia dan menghasilkan dampak yang positif bagi masyarakat dan perekonomian Indonesia secara luas," kata Okki.

Dalam konser bertajuk Raisa Live in Concert di SUGBK ini, BNI juga turut serta menyediakan solusi pembayaran berupa QRIS BNI pada seluruh merchant yang berpartisipasi pada area event seperti F&B dan UMKM lainnya.

BNI berharap konser Raisa akan menjadi momen yang mengesankan bagi para penggemar musik Indonesia. Konser ini juga diharapkan dapat memperkuat budaya musik Indonesia, serta menjadi ajang promosi pariwisata Indonesia melalui kehadiran para penonton dari berbagai daerah.

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement