Senin 27 Feb 2023 02:11 WIB

Kiat Lancar Berbisnis Meski Diterpa Pandemi dari Artis

Setelah 10 tahun berbisnis, tantangannya memang sangat banyak.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Zaskia Adya Mecca punya rahasia agar bisnis tetap bertahan meski diterpa pandemi.
Foto: Desy Susilawati/Republika
Zaskia Adya Mecca punya rahasia agar bisnis tetap bertahan meski diterpa pandemi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-Pandemi Covid 19 lalu, memberikan dampak pada semua sektor. Termasuk sektor bisnis fashion. Namun, Zaskia Adya Mecca, artis sekaligus pengusaha ini ternyata mampu melewati itu semua. Bagaimana tips sukses berbisnis di tengah terpaan badai?

Zaskia mengaku setelah 10 tahun berbisnis, tantangannya memang sangat banyak. Bisnis di awal ketika menjalankan, boleh dibilang energi masih banyak. Orang ketika melihat merek baju baru pasti semuanya penasaran. Akan tetapi, ketika memasuki tahun ketiga, kelima dan keenam, biasanya orang sudah mulai titik jenuh mau diapakan lagi produknya.

Baca Juga

"Nah di situ tantangan buat kita para pengusaha. Inovasi baru apa yang kamu mau kasih bagaimana peningkatan kualitas dan lain-lain?" ujar Zaskia.

Namun, setelah melewati tahun kesepuluh, menurutnya, sudah mulai dapat kuncinya  supaya tetap bisa bertahan dan masyarakat tidak bosan dengan kita. Lantas apa sajakah rahasia berbisnis ala Zaskia Mecca? Berikut di antaranya:

1. Minat

Zaskia mengatakan untuk menjalani bisnis, sebaiknya sesuai dengan minat. Karena ketika kita menjalankan sesuatu sesuai dengan hobi kita atau sesuatu yang kita sukai, maka kita akan bisa mengeluarkan semua energi dan semangat pada hal tersebut. "Jadi pertama untuk memulai dari apa yang menjadi passion kita, kita pelajari lebih dalam," ujarnya dalam sesi talkshow di Legendary Brands Festival 2023 di Jakarta, Sabtu (25/2/2023).

 

2. Adaptif

Selain itu, dalam menjalani bisnis, Zaskia menyarankan untuk adaptif. Menurut dia, ketika sudah menjadi pengusaha nanti, kita harus menjadi orang yang benar-benar adaptif dan bisa mengikuti tren. ''Ketika trennya seperti apa, ada ombaknya seperti apa, harus bisa mengikuti dan menyesuaikan dengan bisnis yang sedang kita jalani. Kita benar-benar bisa mengambil 'ombak' tersebut, kayak pandemi kemarin," ujarnya. 

 

3. Terus belajar

Zaskia mengatakan setelah mampu mengatasi ombak selama pandemi, ternyata penjualan terbaik kita justru saat pandemi. Selama delapan tahun berbisnis, penjualan tertinggi kita d ipandemi bahkan menambah karyawan hingga empat kali lipat. "Dan itulah pentingnya kita sebagai pebisnis, pengusaha harus terus belajar, harus terus mengikuti teknologi," tambahnya.

Menurut Zaskia, Rasulullah juga mengajarkan bahwa kita harus mendidik anak sesuai dengn jamannya. Kalau kita mau mendidik anak sesuai zamannya, berarti kalau kita mau mendidik anak sesuai zamannya, berarti kita harus mempelajari zaman tersebut.

"Jadi kita memang harus update terus, ketika melihat sesuatu yang baru di media sosial, kita harus update juga, harus gaul, supaya kita bisa mengikuti perkembangan yang akan terus berjalan ke depan, apalagi kalau kita sebagai pengusaha," ujar Zaskia.

 

4. Punya 'nyawa' dan karakter jelas

Zaskia mengakui yang menjual pakaian memang banyak. Untuk menghadapi persaingan itu, menurut Zaskia harus mempunyai nyawa dari merek tersebut, jangan terbawa. Ketika sudah punya nyawa dan karakter yang jelas, orang jadi bisa membedakan.

"Dulu saya jualan di sebelah toko Shireen Sungkar. Saya sama sekali tidak merasa takut tersaingi sama sekali. Buat orang yang sudah niatnya belanja baju Shireen, ke toko saya pasti tidak ada yang bisa ditemukan. Begitu juga orang yang ingin membeli baju saya yang karakternya sama dengan saya datang ke toko Shireen, tidak akan menemukan," ujarnya.

Ketika memiliki klasifikasi merek dengan jelas, karakter dengan jelas, nyawa mereknya juga jelas, menurut Zaskia, orang akan tahu mau belanja di mana. "Tidak akan takut tersaingi dengan kanan kiri. Karakter sih," tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement