Ahad 26 Feb 2023 11:12 WIB

Hemat dan Ramah Lingkungan, Motor Listrik Siap Bersaing dengan Motor Konvensional

Motor listrik (Molis) dinilai lebih hemat dalam lima tahun ke depan.

Pertamina menggelar diskusi di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 pada Sabtu (25/2/2023) yang mengusung diskusi Hijau Hemat Pakai Molis.
Foto: Dok. Pertamina
Pertamina menggelar diskusi di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 pada Sabtu (25/2/2023) yang mengusung diskusi Hijau Hemat Pakai Molis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembahasan tentang motor listrik (molis) saat ini sedang ramai di masyarakat, salah satunya didorong oleh gencarnya pemerintah untuk mengampanyekan peralihan ke penggunaan molis kepada masyarakat. Terbilang teknologi baru di Indonesia, edukasi dan sosialisasi banyak dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang manfaat menggunakan molis.

Hal ini yang membuat Pertamina menggelar diskusi di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 pada Sabtu (25/2/2023) yang mengusung diskusi 'Hijau Hemat Pakai Molis'. EV Business Development Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE) Adriel Simorangkir, mengatakan, pemerintah berkomitmen penuh untuk mencapai target net zero emission tahun 2060.

Baca Juga

Pemerintah berupaya membangun ekosistem kendaraan listrik. Pertamina berperan sebagai salah satu mitra strategis untuk mencapai target tersebut, salah satunya melalui pengembangan ekosistem kendaraan listrik bekerja sama dengan berbagai pihak.

“Pertamina dalam hal ini salah satunya berperan untuk menyediakan infrastruktur pengisian listrik molis. Di SPBU Pertamina sudah mulai menyediakan fasilitas charging station dan battery swapping station. Ke depan fasilitas ini akan semakin banyak tersedia di SPBU Pertamina yang tersebar di berbagai daerah untuk memudahkan para pengguna molis,” ujar Adriel.

Adriel menambahkan bahwa untuk membandingkan molis dengan motor BBM harus dilihat dalam jangka panjang.  Dalam lima tahun ke depan penggunaan molis terhitung lebih hemat dibanding harga beli unit, karena biaya pengisian daya dan perawatan yang lebih efisien.

Ia menyampaikan bahwa pemerintah, BUMN, serta pihak-pihak yang terlibat dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik telah, sedang, dan akan terus melakukan berbagai upaya. Apabila masih ragu, ia berharap masyarakat dapat mendatangi event seperti IIMS ini dan rajin bertanya untuk mendapatkan pemahaman yang benar tentang molis.

"Namun sukses atau tidaknya tetap kembali ke keputusan masyarakat atau konsumen, apakah akan beralih ke molis atau tidak," ujarnya.

 

photo
Dalam lima tahun ke depan penggunaan molis terhitung lebih hemat dibanding harga beli unit, karena biaya pengisian daya dan perawatan yang lebih efisien. - (Dok. Pertamina)
 

VP Business Development Indonesia Battery Corporation (IBC) Bayu Yudhi Hermawan, mengatakan, tidak saja infrastruktur, berbagai aspek juga penting terkait dengan kendaraan listrik. Ia mengatakan, perlunya membangun ekosistem kendaraan listrik itu sendiri, antara lain mulai dari manufaktur kendaraan listrik itu sendiri, kebijakan yang mendukung, infrastruktur, serta konsumen yang teredukasi dengan baik.

“Siap atau tidaknya ekosistem kendaraan listrik, itu tergantung pasar. But we’re on the right track, penyiapan infrastruktur, edukasi pasar, sampai dengan dukungan dari himbara untuk pembiayaan molis,” tambahnya.

Lebih jauh Bayu menyampaikan manfaat menggunakan molis. Dari sisi teknis, berbeda dengan motor bahan bakar minyak (BBM), tidak ada proses pembakaran pada mesin molis sehingga tidak ada getaran dan menjadi lebih nyaman untuk dikendarai terutama untuk jarak jauh.

Komponennya pun lebih sedikit, yaitu hanya sekitar 75 komponen di mana 30-40 persennya adalah baterai, bila dibandingkan dengan motor BBM yang memiliki sekitar 300 komponen, sehingga perawatannya pun menjadi lebih mudah dan murah. Dengan biaya perawatan yang lebih murah ini maka secara komersial akan lebih menarik untuk digunakan sebagai ojek. 

Bayu menambahkan bahwa edukasi molis kepada masyarakat sangat penting karena seringkali masyarakat membandingkannya dengan motor BBM. 

Untuk molis sendiri ada dua jenis baterai yang digunakan, yaitu Lead Acid dan Lithium. Untuk GESITS sendiri menggunakan Lithium NCM yang merupakan baterai dengan kualitas terbaik untuk motor listrik. Selain itu, GESITS juga memberikan garansi tiga tahun untuk baterainya. 

“Bila disetarakan, GESITS setara dengan motor BBM berkapasitas mesin 150 cc. Jadi dengan harga 28 sampai dengan 29 juta per unit, GESITS cukup kompetitif,” imbuhnya.

Manfaat ini sangat dirasakan oleh Billy Kurniawan, pengendara ojek online yang sehari-hari ‘menarik’ ojek online menggunakan molis besutan GESITS. Ia sudah menggunakannya dalam setahun terakhir ini.

“Pertama pakai agak aneh karena belum terbiasa, tapi setelah beberapa lama mulai nyaman, dari aspek safety nya bagus. Dan rasanya saat mengendarai sangat nyaman, seperti berada di atas angin, halus banget. Semua customer yang saya bawa juga merasakan nyaman. Selain itu yang saya rasakan, saya tidak perlu melakukan service bulanan,” ujar Billy yang juga merupakan mitra driver pengemudi molis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement