Kamis 23 Feb 2023 21:14 WIB

Masyarakat Sudah Mulai Belanja Produk Ramadhan

Tokopedia melihat masyarakat menyukai promosi yang dikemas dalam bentuk hiburan.

Warga membuka platform MallUMKM melalui telepon genggam untuk berbelanja pada Tokopedia di Kota Kediri, Jawa Timur, Jumat (25/9/2020). Pemerinta daerah setempat berupaya melakukan digitalisasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) melalui MallUMKM guna memberikan peluang penyerapan pasar secara global sebagai solusi menurunnya penjualan secara luring saat pandemi COVID-19.
Foto: Prasetia Fauzani/ANTARA
Warga membuka platform MallUMKM melalui telepon genggam untuk berbelanja pada Tokopedia di Kota Kediri, Jawa Timur, Jumat (25/9/2020). Pemerinta daerah setempat berupaya melakukan digitalisasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) melalui MallUMKM guna memberikan peluang penyerapan pasar secara global sebagai solusi menurunnya penjualan secara luring saat pandemi COVID-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Platform belanja daring Tokopedia pada Kamis (23/2/2023) merilis hasil riset tentang tren Ramadhan 2022. Hasilnya, masyarakat mulai mencari dan berbelanja produk-produk Ramadhan sejak sebulan sebelumnya.

"Orang-orang sudah mulai mencari produk-produk Ramadhan itu sebulan sebelum bulan puasa itu dimulai, seperti mencari makanan, cari fesyen untuk Ramadhan, hampers, kebutuhan, dan lain-lain," kata Vice President of Marketing Solutions Tokopedia Edwin Cahyadi saat media briefing di Jakarta, Kamis.

Baca Juga

Sedangkan pencarian dan pembelian tertinggi, kata Edwin, terjadi pada minggu pertama hingga ketiga Ramadhan atau saat pembagian Tunjangan Hari Raya (THR).

Adapun kategori dengan transaksi tertinggi berasal dari kategori fesyen di peringkat pertama, diikuti makanan dan minuman, kesehatan, otomotif dan aksesorisnya, dan kebutuhan rumah tangga.

Sementara untuk kategori yang paling banyak dicari adalah fesyen di peringkat pertama, diikuti otomotif dan aksesoris, makanan dan minuman, kebutuhan rumah tangga, dan smartphone.

Beberapa subkategori juga mengalami lonjakan permintaan seperti hampers dan dekorasi, bumbu dan peralatan masak, gaming, perlengkapan travel, dan kecantikan.

Untuk pembayaran, Edwin mengatakan metode cashless menjadi yang paling populer digunakan, baik melalui transfer antar bank, dompet digital, kartu kredit, dan GopayLater Cicil.

"Selain itu, lebih dari setengah pesanan selama Ramadhan 2022 dikirim dengan bebas ongkos kirim," tambah Edwin.

Melihat tren tersebut, Edwin mengatakan bahwa pelaku bisnis harus mempersiapkan strategi pemasaran yang tepat untuk Ramadhan tahun ini, salah satunya dengan memanfaatkan Tokopedia Marketing Solutions.

Tokopedia Marketing Solutions adalah solusi pemasaran menyeluruh dari Tokopedia untuk membantu pelaku bisnis di Indonesia mencapai tujuan promosi dan menghasilkan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Melalui Tokopedia Marketing Solutions, pelaku bisnis bisa memanfaatkan berbagai kanal promosi yang ditawarkan. Salah satunya, menggunakan banner di lokasi premium (Homepage Banner), banner di lokasi strategis lainnya (Dynamic Channel), permainan interaktif berhadiah (Tap Tap Kotak), dan kanal video streaming (Tokopedia Play).

Menurut Edwin, sepanjang 2022, Tokopedia melihat masyarakat menyukai promosi yang dikemas dalam bentuk hiburan.

"Buktinya, ada kenaikan jumlah pesanan sebesar 44,4 persen ketika Tap Tap Kotak tayang dan ada juga peningkatan jumlah pesanan lewat Tokopedia Play sebesar 60,5 persen," katanya.

Dengan Tokopedia Marketing Solutions, pelaku bisnis juga dapat melakukan promosi di halaman pencarian, misalnya dengan fitur beriklan agar produk tampil teratas di halaman pencarian, menggunakan banner yang tampil di seluruh touchpoint konsumen, serta menampilkan produk sebagai pencarian populer.

Pelaku bisnis juga bisa beriklan di halaman notifikasi dan pesan termasuk Broadcast Chat, serta memaksimalkan iklan media sosial menggunakan fitur penargetan yang lebih kaya dari Tokopedia.

Pada Ramadhan 2022, brand perlengkapan tidur Kintakun dan perusahaan makanan dan minuman Garudafood telah memperoleh manfaat Tokopedia Marketing Solutions.

Operating Officer Kintakun Vincent Saputra mengatakan, Kintakun berhasil mencatat peningkatan pesanan sebesar 52 persen dan peningkatan pendapatan sebesar 95 persen.

Sementara Garudafood mencatat peningkatan pesanan sebesar 143 persen dan peningkatan pendapatan 179 persen, menurut Marketing Director Garudafood Ferry Haryanto.

Edwin menambahkan, Tokopedia juga akan meluncurkan kampanye #LengkapiRamadhan pada 20 Maret-30 April 2023 yang memberikan berbagai penawaran menarik. Pelaku bisnis dapat berpartisipasi dalam kampanye tersebut untuk mencapai pertumbuhan bisnis selama Ramadhan 2023.

"Ini pertama kalinya kita membungkus kampanye Ramadhan ini di level grup GoTo. Di Tokopedia, akan diisi dengan flagship campaign kita seperti Serbu Official Store, CantikFest, Waktu Indonesia Belanja, dan Bazaar Brand Pilihan," kata Edwin.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement