Rabu 22 Feb 2023 22:40 WIB

Peringati HPSN 2023, Blibli Beri Insentif Pengembalian Kemasan Bekas

Blibli ingin wujudkan ekosistem ecommerce hijau di Indonesia

Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2023, Blibli memberi insentif kepada pelanggan berupa extra reward points setiap kemasan bekas yang dikembalikan. Pada setiap 10 kemasan yang dikembalikan maka pelanggan akan mendapat 10 reward points yang otomatis turut mendonasikan satu bibit pohon.
Foto: Dok Blibli
Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2023, Blibli memberi insentif kepada pelanggan berupa extra reward points setiap kemasan bekas yang dikembalikan. Pada setiap 10 kemasan yang dikembalikan maka pelanggan akan mendapat 10 reward points yang otomatis turut mendonasikan satu bibit pohon.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2023, Blibli memberi insentif kepada pelanggan berupa extra reward points setiap kemasan bekas yang dikembalikan. Pada setiap 10 kemasan yang dikembalikan maka pelanggan akan mendapat 10 reward points yang otomatis turut mendonasikan satu bibit pohon.

COO & Co-Founder, Blibli Lisa Widodo mengatakan upaya ini merupakan komitmen nyata perusahaan untuk mewujudkan ekosistem e-commerce hijau di Indonesia, yang konsisten menghadirkan inovasi dan solusi atas upaya pengelolaan sampah yang berkelanjutan, termasuk daur ulang sampah operasional dan kardus belanja online.

"Pelanggan yang ingin berpartisipasi dalam program ini cukup mengumpulkan kemasan bekas pembelian barang Blibli lalu serahkan ke kurir BES atau masukkan ke dropbox Blibli Cinta Bumi di kantor Blibli. Sebagai imbalan, pelanggan akan mendapat reward points untuk pilihan kurir BES selama tujuh hari kerja," ujarnya, Rabu (22/2/2023).

Menurutnya Blibli aktif dalam upaya pelestarian lingkungan sejak 2020, yang dimulai dengan peluncuran program Blibli Cinta Bumi untuk mendorong konsumen menerapkan gaya hidup yang lebih sadar lingkungan, yakni melalui layanan pengumpulan sampah (waste collection services), diikuti upaya internal untuk mengelola sampah yang terkumpul menjadi filler packaging, serta konversi jumlah sampah yang dikumpulkan dari pelanggan program penghijauan berbagai lokasi di Indonesia.

 

Adapun program ini telah berhasil mengumpulkan 30 ribu kemasan kardus bekas sepanjang 2022 atau lonjakan partisipasi tiga kali dibanding tahun sebelumnya. Blibli juga menerapkan kebijakan hijau menarik berupa konversi 10 kardus bekas belanja online setara dengan satu bibit pohon.

Per akhir tahun lalu, Blibli tercatat telah menanam 3.000 bibit pohon mangrove di kawasan pesisir Tambakrejo, Semarang, Jawa Tengah, yang dilakukan berkolaborasi dengan Djarum Foundation Bakti Lingkungan.

Blibli kemudian memperluas upaya hijaunya pada 2022 dengan mengolah sekitar 2,6 ton sampah plastik yang dikumpulkan bersama mitra usaha dari berbagai acara publik (konser, eksibisi, dll) menjadi produk dengan kemanfaatan baru. Bahkan Blibli meluncurkan laman khusus Blibli Cinta Bumi Eco Hub sebagai ruang pajang produk daur ulang Blibli bersama beragam produk artisan ramah lingkungan karya UMKM lokal dan merek global.

“Tanggung jawab untuk menjaga dan merawat bumi ada di tangan kita. Daur ulang sampah bukan hanya tentang ekonomi sirkular, namun juga upaya berkelanjutan untuk menjaga bumi dan berkontribusi pada tercapainya emisi nol," ucapnya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement