Rabu 22 Feb 2023 07:42 WIB

Kain Tapis Lampung akan 'Melenggang' di Panggung New York Fashion Week 2024

Selama ini kain tapis kerap disakralkan karena berhubungan dengan kehidupan.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Gita Amanda
Pengunjung melihat kain tapis yang dipamerkan, (ilustrasi).  Kain Tapis Lampung rencananya akan melenggang di panggung mode dunia New York Fashion Week 2024.
Foto: ANTARA/Ardiansyah
Pengunjung melihat kain tapis yang dipamerkan, (ilustrasi). Kain Tapis Lampung rencananya akan melenggang di panggung mode dunia New York Fashion Week 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kain Tapis Lampung rencananya akan melenggang di panggung mode dunia New York Fashion Week 2024. Brand lokal Indonesia, Kami, yang akan menggunakan kain ini dalam koleksinya.

Kain tapis bukan sembarang kain, selama ini kain tapis kerap disakralkan karena berhubungan dengan kehidupan. Baik kehidupan dengan lingkungan mapun dengan Sang Pencipta Alam semesta. Dalam koleksi yang diberi nama, Charaka, Kami menggunakan kain tapis karena terinspirasi dengan kehidupan sekitar.

Koleksi Charaka ini merupakan koleksi dengan kombinasi dari kain tapis dipadupadankan dengan New Yorkers Style yang Edgy. Sesuai dengan tema Autumn/Winter Collection, Kami akan fokus membuat rancangan dengan banyak layer sehingga kesan chic dan modest masih bisa didapatkan dari Charaka Collection ini.

"Kami juga menggunakan berbagai bahan pilihan, seperti knit, corduroy, quilted, woven, velvet, denim, tweed, dan organza," kata Pendiri Kami, Istafiana Candarini, dalam siaran persnya kepada Republika, Rabu (22/2/2023).

Setelah 14 tahun berdiri di Indonesia, Kami, jenama modest fashion Indonesia menunjukkan keseriusannya untuk maju ke pasar internasional. Kali ini mereka tampil di New York Fashion Week 2024. Sebelumnya, Kami telah membuktikan eksistensinya di market lokal dan global dengan mengikuti fashion show ternama seperti Jakarta Fashion Week, Indonesian Fashion Week, hingga kancah internasional yaitu Fashion Kode 2018 di Seoul.

“Sebagai tanda kesuksesan setelah 14 tahun berdiri, Kami menunjukkan diri pada pagelaran New York Fashion Week 2024," ujar Istafiana.

Diharapkan dengan pencapaian Kami di NYFW dapat memicu semangat brand fesyen lokal lainnya untuk saling berkolaborasi serta bersama-sama memajukan industri modest fashion Indonesia bersaing menjadi trendsetter dunia global.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement