Selasa 21 Feb 2023 21:26 WIB

"Sedekah Sampah" Indocement Kumpulkan 925,5 Kilogram Sampah

Karyawan sedekah sampah mendapatkan poin yang bisa ditukarkan dengan hadiah.

Indocement. Pegawai PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Kompleks Pabrik Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mampu mengumpulkan sampah seberat 925,5 kilogram melalui program
Foto: [ist]
Indocement. Pegawai PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Kompleks Pabrik Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mampu mengumpulkan sampah seberat 925,5 kilogram melalui program "Sedekah Sampah".

REPUBLIKA.CO.ID, KABUPATEN BOGOR -- Pegawai PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Kompleks Pabrik Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mampu mengumpulkan sampah seberat 925,5 kilogram melalui program "Sedekah Sampah".

Direktur dan Sekretaris Indocement, Antonius Marcos dalam keterangannya di Bogor, Selasa (21/2/2023), menyebutkan, Indocement menggelar aksi serentak penanganan sampah pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023, salah satunya yaitu Sedekah Sampah. "Sampah yang dikumpulkan kemudian akan dimanfaatkan oleh Indocement sebagai bahan bakar alternatif," kata Marcos.

Baca Juga

Menurutnya, program Sedekah Sampah yang biasa dilaksanakan setiap hari Jumat di area kafe milik Koperasi Karyawan Indocement (KKI), Harmony Corner itu bertujuan mengedukasi pegawainya untuk memilah sampah dari rumah. Langkah itu, secara tidak langsung membuat karyawan untuk mengurangi CO2.

"Karyawan diedukasi untuk memilah sampah dari rumah. Sampah yang biasanya disatukan dengan adanya program ini jadi dipisah," ujar Marcos.

 

Ia menjelaskan, setiap karyawan yang menyerahkan tiga kilogram sampah organik akan mendapatkan satu poin. Ketika poin tersebut terkumpul, bisa ditukarkan dengan makanan dan minuman di Harmony Corner, serta berbagai macam suvenir. "Karyawan mau tukar kopi dan minuman (di Harmony Corner) bisa, berbasis poin," kata Marcos.

Khusus untuk segelas kopi bisa dikonversi dengan delapan poin. Kemudian nasi uduk empat poin, kaos polo 59 poin, tas ransel 103 poin, dan masih banyak suvenir lainnya. Marcos menyebutkan, bagi pegawai dengan poin terbanyak hingga Agustus 2023 bertepatan dengan ulang tahun Indocement, akan diberikan hadiah satu unit sepeda.

Ia menekankan, ada beberapa jenis sampah yang tidak bisa ditukarkan dengan poin dalam program Sedekah Sampah, yakni jenis kaca dan logam. "Sampah yang diterima tidak boleh besi, kaca, atau logam. Seperti kaleng minuman itu tidak bisa, tidak diterima. Rata-rata (yang diterima) plastik, kertas, ban mobil," tuturnya.

Selain program Sedekah Sampah, Indocement juga melaksanakan kegiatan lain pada peringatan HPSN 2023, seperti di Indocement Kompleks Cirebon menyelenggarakan pelatihan pengelolaan sampah dengan metode reduce, reuse, and recycle (3R) dan penandatangan komitmen pembinaan Sekolah Adiwiyata di Kabupaten Cirebon.

Kemudian, Indocement Komoleks Tarjun, Kalimantan Selatan, melaksanakan program clean up pesisir mangrove jetty Tarjun dan penukaran sampah dengan suvenir eksklusif untuk karyawan dan keluarga karyawan.

 

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement