Selasa 14 Feb 2023 10:26 WIB

Sesuaikan dengan Rumah, Begini Cara Memilih Tipe AC Terbaik

Ada berbagai jenis AC yang beredar di pasaran.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Natalia Endah Hapsari
Selain memilih ukuran yang tepat untuk unit pendingin ruangan (AC), Anda juga perlu menentukan tipe yang tepat untuk disesuaikan dengan ruang dan kebutuhan pendinginan Anda./ilustrasi
Foto: Indian Express
Selain memilih ukuran yang tepat untuk unit pendingin ruangan (AC), Anda juga perlu menentukan tipe yang tepat untuk disesuaikan dengan ruang dan kebutuhan pendinginan Anda./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Selain memilih ukuran yang tepat untuk unit pendingin ruangan (AC), Anda juga perlu menentukan tipe yang tepat untuk disesuaikan dengan ruang dan kebutuhan pendinginan Anda. Apa saja tipe AC yang beredar di pasaran? Berikut detailnya seperti dikutip dari situs luceaircon, Selasa (14/2/2023).

Split air conditioner

Pendingin ruangan ini biasanya terdiri dari dua bagian, yakni unit kompresor luar ruangan eksterior dan sistem unit interior. Unit luar mendorong hawa dingin ke dalam unit dalam ruangan  ke dalam ruangan atau rumah mana pun.

Baca Juga

 

Packaged air conditioner system

Packaged AC system juga dianggap udara sentral dan sering kali terdiri dari sistem pemanas ganda dan sistem pendingin udara-lebih dikenal sebagai HVAC. Ini adalah pilihan paling efisien dan terjangkau untuk bangunan tempat tinggal serta area dengan pemanas udara paksa yang ada di dalamnya.

 

Windows air conditioner unit

Window unit merupakan pilihan standar untuk orang yang tinggal di ruang dan rumah kecil. Mesin mandiri ini biasanya tersedia dalam berbagai ukuran dan iterasi.

 

Ductless mini-split unit

Ductless mini-split unit secara alami senyap dan hemat energi. Unit ini dapat dipasang di area perumahan tanpa perlu berurusan dengan proses perkuatan saluran kerja (retrofitting ductwork) yang mahal.

 

Portable air conditioner unit

Unit AC portabel adalah unit yang sempurna untuk semua jenis ruangan. Untuk membuatnya berfungsi, mereka hanya perlu dihubungkan ke titik eksterior mana pun yang mengarah ke luar rumah. Tidak perlu lagi memasang dan memasukkannya ke dalam casing khusus.

 

Unit pendingin ruangan pintar

Unit pendingin ruangan pintar atau berkemampuan Wi-Fi dirancang khusus untuk memberi Anda pengalaman pendinginan yang paling intuitif dan pribadi. Mereka memungkinkan Anda mencapai efisiensi energi maksimum dengan menyesuaikan suhu dan termostat melalui aplikasi dan fitur integrasi rumah pintar.

 

Inverter air conditioner unit

Inverter AC menggunakan lebih sedikit energi daripada unit pendingin ruangan  tradisional lainnya dan bahkan dikenal dapat mendinginkan ruangan dengan lebih efisien. Namun, unit ini juga sering datang dengan harga yang sangat mahal.

 

Solar air conditioner unit

Unit ini ditenagai seluruhnya menggunakan energi matahari atau tenaga yang diperoleh melalui sinar panas matahari

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement