Sabtu 11 Feb 2023 13:22 WIB

BPBD DKI Catat Empat RT di Jakarta Selatan Alami Banjir pada Sabtu Pagi

Genangan juga terjadi di 10 ruas jalan di Ibu Kota.

Rep: Eva Rianti / Red: Andri Saubani
Pengendara mobil dan sepeda motor bermanuver menghindari genangan air di salah satu ruas jalan di Jakarta. (ilustrasi)
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Pengendara mobil dan sepeda motor bermanuver menghindari genangan air di salah satu ruas jalan di Jakarta. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat ada empat rukun tetangga (RT) yang tergenang akibat hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang terjadi di wilayah DKI Jakarta pada Sabtu (11/2/2023) pagi. Selain itu, genangan juga dilaporkan terjadi di sebanyak 10 ruas jalan di Ibu Kota. 

"BPBD mencatat genangan yang sebelumnya terjadi di 1 ruas jalan, saat ini menjadi 10 ruas jalan tergenang dan 4 RT atau 0,003 persen dari 30.470 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta," kata Kapusdatin BPBD DKI Jakarta M Insyaf dalam keterangan tertulis, Sabtu (11/2/2023). 

Baca Juga

Insyaf menjelaskan, empat RT yang terdampak genangan keseluruhannya ada di wilayah Jakarta Selatan. Yakni satu RT di Kelurahan Ulujami dengan ketinggian air 30 sentimeter (cm), satu RT di Kelurahan Gunung dengan ketinggian air 60 cm, serta dua RT di Kelurahan Grogol Selatan dengan ketinggian air 10 cm. 

Sementara itu 10 ruas jalan yang tergenang berada di Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Jakarta Barat. Meliputi Jalan Bangun Nusa Raya RW 03, Kelurahan Cengkareng Timur, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat (ketinggian air 10-20 cm), Jalan Raya Kebayoran lama (Permata Hijau Suite) RT 01 RW 01, Kelurahan Sukabumi Utara, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat (Ketinggian air 20 cm), dan Jalan Bintaro Utama (Depan Masjid Jami Bintaro Jaya), Kelurahan Bintaro, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan (Ketinggian air 10 cm). 

"Lalu Jalan Bank RT 06 RW 07, Kelurahan Pela Mampang, Kecamatan Mampang  Prapatan, Jakarta Selatan. Ketinggian 20 cm. Jalan Kemang Utara IX, Kelurahan Bangka, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Ketinggian: 40 cm," jelasnya. 

Dia melanjutkan, Jalan Rajawali RT 08 R2 08, Kelurahan Pulogebang, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur juga mengalami genangan dengan ketinggian air 5 cm. Selanjutnya, Jalan H. Sulaiman RTb01 RW 03 ( PHB Sulaiman ), Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur dengan ketinggian air 10 cm, Jalan Kebon Nanas Selatan I RT 06,01 RW 08 Kelurahan Cipinang Cempedak, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur dengan ketinggian air 15 cm. 

"Arabika III Blok W7, RT 09 RW 06, Kelurahan Pondok Kopi, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Ketinggian: 20 cm. Terkahir, Jalan Cipinang Indah Raya II Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit (Belakang SMAK 7 Penabur), Jakarta Timur. Ketinggian: 20 cm," terangnya. 

Dalam upaya penanganannya, BPBD DKI Jakarta menerjunkan sejumlah personel untuk memonitor genangan di titik-titik tersebut. Di antara upaya yang dilakukan yakni dengan melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik.

"BPBD DKI mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan," tutupnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement