Jumat 03 Feb 2023 16:49 WIB

GoTo dan Universitas Nahdlatul Ulama Bidik Kerja Sama Pengembangan Kewirausahaan Digital

GoTo sangat serius dalam melakukan peningkatan keterampilan digital.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Gita Amanda
Ilustrasi transformasi digital. GoTo dan Universitas Nahdlatul Ulama Bidik kerja sama pengembangan kewirausahaan digital.
Foto: www.freepik.com
Ilustrasi transformasi digital. GoTo dan Universitas Nahdlatul Ulama Bidik kerja sama pengembangan kewirausahaan digital.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komitmen PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (Grup GoTo) pada pengembangan dan pemberdayaan UMKM terus berlanjut. Kali ini, perseroan menjalin kolaborasi dengan Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta yang mencakup pengembangan talenta digital, pelatihan bisnis berbasis teknologi digital, edukasi sertifikasi halal, dan pengembangan ekonomi syariah.

Kolaborasi kedua pihak ditandai dengan penandatangan MoU di Jakarta, Jumat (3/2/2023) sore. Kerja sama ini dilakukan dengan tujuan dapat membangun wirausahawan muda dengan beberapa program pelatihan soft skill dan hard skill yang diharapkan dapat mendukung para mahasiswa untuk beradaptasi dengan kebutuhan era digital.

Baca Juga

Chief of Government Relations and Public Policy Grup GoTo, Shinto Nugroho mengatakan, GoTo sangat serius dalam melakukan peningkatan keterampilan digital. Salah satunya dengan terus mendorong agar UMKM menjadi bagian penting ekosistem GoTo hingga menjadi pilar pertumbuhan ekonomi nasional.

”Kami terus melakukan kolaborasi dengan para pihak yang sejalan dengan kami dalam mendukung UMKM sehingga kerja sama dengan UNU Yogyakarta adalah bukti keseriusan kami memberdayakan semakin banyak potensi pelaku usaha," ujarnya.

 

Shinto meyakini melalui jejaring UNU Yogyakarta serta PBNU dan kekuatan para nahdliyin dalam ekonomi syariah dapat membawa UMKM Indonesia semakin sukses. Ia pun berharap, kerjasama ini dapat memberi kontribusi berarti bagi pertumbuhan ekonomi yang manfaatnya dirasakan oleh semua.

Dalam laporan The State of Global islamic Economy Report 2022, indikator ekonomi syariah Indonesia terus membaik. Indonesia berhasil menduduki peringkat ke-4 di dunia untuk kategori ekosistem ekonomi syariah. Indonesia juga merupakan salah satu negara konsumen produk halal terbesar di dunia yang mencakup 11,34 persen dari pengeluaran halal global.

Hadir dalam kesempatan yang sama, Rektor UNU Yogyakarta, Widya Priyahita Pudjibudojo menekankan kolaborasi dengan berbagai pihak harus terus digencarkan guna mendorong pertumbuhan industri halal dalam negeri. Sehingga, Indonesia tidak hanya menjadi target pasar.

"Kekuatan Grup GoTo dengan belasan juta mitra UMKM yang memiliki sinergi kuat antar-platformnya, membuat kami yakin jika kolaborasi ini dapat menjadi awal baik bagi pengembangan kewirausahaan muda di masa depan, terutama dalam lingkup ekonomi syariah di Indonesia," ujarnya.

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (Grup GoTo) adalah ekosistem digital terbesar di Indonesia. Misi GoTo adalah untuk mendorong kemajuan dengan menawarkan infrastruktur teknologi dan solusi bagi semua orang untuk mengakses dan berkembang dalam ekonomi digital.

Ekosistem GoTo terdiri dari layanan on-demand yakni mobilitas seperti pesan antar makanan, dan logistik. Kemudian e-commerce seperti marketplace pihak ketiga + official store, instant commerce, interactive commerce, dan rural commerce. Selain itu juga financial technology berupa pembayaran, layanan keuangan, dan solusi teknologi untuk pedagang melalui platform Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement