Kamis 02 Feb 2023 12:53 WIB

Bayar Tiket Pesawat Online Mudah dengan Digital Banking

Cukup dengan laptop atau HP, bisa memesan tiket pesawat kapan pun dan di mana pun.

 Pembelian tiket pesawat melonjak drastis. Terutama dengan adanya digitalisasi pembelian tiket pesawat. (ilustrasi).
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Pembelian tiket pesawat melonjak drastis. Terutama dengan adanya digitalisasi pembelian tiket pesawat. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tren bepergian jarak jauh kembali meningkat sejak pandemi Covid-19 mereda dan memasuki era new normal. Banyak orang yang pergi berlibur, atau istilah populernya kini adalah healing. Pembelian tiket pesawat melonjak drastis. Terutama dengan adanya digitalisasi pembelian tiket pesawat.

Kini tidak perlu repot lagi harus pergi ke bandara atau agen transportasi untuk mendapatkan tiket penerbangan. Cukup dengan laptop atau HP, bisa memesan tiket pesawat kapan pun dan di mana pun melalui berbagai pilihan platform pemesanan tiket online.

Tidak hanya itu, metode pembayaran tiket pun semakin praktis dengan layanan digital banking. Layanan digital banking yang disediakan oleh lembaga keuangan atau perbankan sangat memudahkan dalam melakukan pembayaran tiket pesawat.

Baca juga : Tiket Gratis Masuk Ancol untuk 3 Februari Tersisa 4.000

 

Tidak perlu repot-repot mencari ATM untuk melakukan transfer dana atau mendatangi kantor agen perjalanan untuk menggesek kartu debit. Semuanya bisa dilakukan secara online. Manfaat digital banking ini tentu saja sangat membantu mereka yang kesehariannya dipenuhi dengan kesibukan.

Keuntungan pesan tiket pesawat online

Hadirnya teknologi digital membantu untuk bisa membeli tiket pesawat secara mudah dan cepat. Tiket pesawat bisa dimiliki dalam hitungan menit, hanya dengan smartphone yang tersambung jaringan internet. Kemudahan ini tentu saja tidak akan mengganggu mobilitas atau kesibukan.

Berikut sejumlah keuntungan yang bisa didapatkan dengan memesan tiket pesawat online.

1. Bisa pesan kapan pun dan di mana pun

Pemesanan tiket pesawat bisa dilakukan secara online kapan pun dan di mana pun dengan aplikasi pemesanan tiket. Layanan pemesanan tersedia selama 24 jam, tanpa batasan waktu. Selanjutnya bisa memanfaatkan layanan mobile banking untuk membayar tiket yang sudah dipesan. Kemudahan ini tidak bisa didapatkan ketika membeli tiket di bandara atau agen, yang mana mereka punya jam dan hari operasional dalam melayani customer.

2. Tanpa antre

Keuntungan lain yang jelas didapatkan dari pesan tiket online adalah tidak perlu mengantre. Coba bandingkan apabila melakukan pembelian tiket di bandara. Bisa saja harus antre terlebih dahulu karena banyaknya customer. Tentu saja kondisi tersebut akan menyita waktu sampai berjam-jam dan membuatkelelahan.

Lewat platform pemesanan tiket, bisa booking tiket secara online dan instan. Pesanan akan langsung diproses oleh aplikasi tanpa harus masuk daftar antrean. Dengan begitu, customer bisa memaksimalkan waktu untuk istirahat atau mempersiapkan bekal keberangkatan.

Baca juga : JakLingko Resmi Layani Pembayaran Tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung

3. Banyak penawaran promo

Penawaran promo adalah program yang dinanti-nantikan oleh para traveler atau penumpang pesawat. Ada banyak promo yang bisa dipilih ketika memesan tiket pesawat secara online. Customer bisa mendapat informasi berbagai penawaran yang menguntungkan tersebut dari aplikasi pemesanan tiket atau media sosial.

Berbagai program promo yang bisa dimanfaatkan, seperti cashback, diskon, flash sale, paket bundling, loyalty point, dan penawaran lainnya. Dengan mengambil promo tersebut, bisa lebih menghemat pengeluaran.

4. Pilihan maskapai dan tujuan penerbangan lebih lengkap

Keuntungan selanjutnya yang akan didapatkan dari pesan tiket online adalah pilihan maskapai dan tujuan yang lengkap. Ada banyak jenis maskapai penerbangan yang bisa dipilih lewat aplikasi pemesanan tiket.

Jadi, tidak perlu mencemaskan keterbatasan pilihan maskapai. Lewat platform pemesanan tiket, customer bisa memilih maskapai langganan atau yang nyaman baginya. Customer juga dapat mengecek informasi jadwal penerbangan. Dengan begitu, bisa memilih dan mengatur waktu jauh-jauh hari untuk merencanakan liburan.

5. Layanan customer 24 jam

Keunggulan lain dari pemesanan tiket online adalah adanya customer service (CS) yang melayani selama 24 jam. Apabila mengalami kendala atau masalah dalam proses booking, dapat langsung berkonsultasi dengan CS. Pertanyaan atau komplain akan ditanggapi dengan cepat, bahkan dalam beberapa menit saja. Namun, apabila sistem layanan sedang penuh, harus menunggu sejenak.

Baca juga : 'Kesalahan' yang Sering Dilakukan Penumpang Ketika Mau Masuk Pesawat

6.  Mudah memperkirakan pengeluaran

Customer dapat memperkirakan pengeluaran ketika melakukan pemesanan tiket pesawat secara online. Sebab dapat melihat daftar harga tiket terlebih dahulu, baik keberangkatan maupun kepulangan menggunakan berbagai maskapai. Dengan begitu, bisa menyusun rencana perjalanan sebelum memutuskan booking tiket.

Hal yang perlu diperhatikan saat naik pesawat

photo
Pesawat (ilustrasi). - (Pexels.com)

Pesawat disebut sebagai moda transportasi yang paling aman dengan persentase kecelakaan paling sedikit. Namun, bagi penumpang yang baru pertama melakukan penerbangan, pasti akan merasakan kekhawatiran. Persiapan fisik dan mental perlu dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Selain itu, perjalanan jarak jauh juga bukan hal yang sederhana. Namun, jangan juga dibikin ribet sendiri. Pastikan menikmati perjalanan penerbangan menuju lokasi tujuan. Demi kenyamanan dan kelancaran perjalanan, berikut beberapa hal yang perlu dilakukan:

1. Memilih maskapai penerbangan sesuai kebutuhan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan maskapai penerbangan. Pilihlah maskapai yang sesuai dengan kebutuhan. Bagaimana caranya? Cocokkan tujuan dengan maskapai pesawat yang melakukan keberangkatan menuju kota yang akan didatangi. Sebab, di bandara terdapat banyak pesawat yang melakukan hilir mudik ke berbagai tujuan yang berbeda.

Selanjutnya, lihat budget dan lihat daftar harga tiket pesawat. Pilihlah maskapai pesawat yang sesuai dengan keuangan. Setiap maskapai umumnya memberlakukan harga tiket yang berbeda-beda. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan layanan maskapai penerbangan dengan kebutuhan perjalanan udara.

2. Memeriksa status penerbangan

Perlu juga memeriksa status penerbangan sebelum keberangkatan. Informasi yang perlu dilihat adalah status penerbangan, kondisi cuaca, hingga riwayat penerbangan pesawat. Pelacakan status perbangan real-time bisa dilakukan menggunakan aplikasi FlightStats.

Langkah ini bermanfaat untuk mengantisipasi berbagai kendala yang bisa terjadi pada penerbangan. Misalnya apabila pesawat tertunda, customer bisa tahu lebih dahulu dan segera melakukan pemesanan ulang tiket.

3. Ukuran Tas

Saat berlibur atau bepergian jarak jauh pastinya membawa cukup banyak barang. Maskapai penerbangan mengizinkan membawa perlengkapan pribadi dan menyediakan bagasi untuk menaruh barang bawaan. Berbagai maskapai menetapkan batas ukuran untuk barang bawaan, seperti tas jinjing. Jadi perlu tahu informasi peraturan barang bawaan, seperti dimensi tas dan batasan muatan.

Baca juga : Tiga Minuman Gratis Ini Sebaiknya tak Dipesan Penumpang Pesawat, Memangnya Kenapa?

4. Mematuhi protokol kesehatan

Semenjak terjadi wabah pandemi Covid-19, kesadaran masyarakat akan kesehatan semakin meningkat. Tentu saja ini adalah kebiasaan yang positif. Berbagai tempat dan fasilitas publik pun memberlakukan protokol kesehatan yang ketat.

Namun, tanpa adanya pandemi pun, ketika naik pesawat, wajib mematuhi protokol kesehatan. Prosedur ini perlu diterapkan demi keamanan dan kenyamanan, baik bagi diri sendiri maupun penumpang lain. Apalagi di bandara dan pesawat, akan bertemu dengan banyak orang dari berbagai tempat.

Transportasi publik sangat rentan dengan penyebaran penyakit. Kotoran dan kuman bisa menempel di kursi pesawat maupun bagian-bagian lain di bandara atau dalam pesawat. Jadi wajib menjaga kesehatan, seperti dengan memakai masker dan membawa hand sanitizer.

Dokumen yang harus disiapkan saat check in di bandara:

Saat melakukan penerbangan menggunakan pesawat, harus menjalani proses check in terlebih dahulu. Ada beberapa dokumen yang wajib dibawa oleh penumpang untuk melakukan check in. Pastikan sudah membawa semua berkas-berkas yang dipersyaratkan.

Apabila tidak bisa menunjukkan berkas tersebut, tidak bisa melakukan proses check in dan gagal terbang. Syarat untuk penerbangan dalam negeri dan luar negeri pun berbeda. Berikut sejumlah dokumen yang harus dipersiapkan untuk check in di bandara:

1. Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Penumpang pesawat diminta wajib membawa KTP untuk proses check in di bandara. KTP digunakan sebagai tanda pengenal untuk menghindari tindak kriminal atau penipuan. Saat proses check in, petugas bandara akan memeriksa identitas penumpang untuk memastikan kesesuaian dengan penerbangan. Pengecekan KTP dilakukan pada penerbangan domestik maupun internasional.

Baca juga : Bayi di Idaho Lahir Sambil Menggenggam KB Spiral Ibunya, Kok Bisa?

2. Paspor

Paspor adalah benda wajib yang harus dibawa saat melakukan perjalanan ke luar negeri. Hal ini juga berlaku bagi anak-anak dan bayi di bawah dua tahun. Paspor yang digunakan untuk proses check in harus yang masa periodenya masih berlaku. Ada sejumlah negara yang mensyaratkan pengunjung untuk memakai paspor yang masih aktif hingga enam bulan setelah akhir perjalanan.

3. Visa

Visa bersifat sama seperti paspor, yaitu wajib dibawa untuk perjalanan ke luar negeri. Namun, penggunaan Visa juga bergantung dengan tujuan negara. Bisa jaga mengajukan permohonan Visa langsung di kantor konsulat negara.

4. Bukti tiket

Tiket keberangkatan wajib dibawa saat melakukan penerbangan. Tiket yang sudah dipesan dan tercetak digunakan untuk membuktikan status perjalanan, yang berisi keterangan maskapai yang digunakan dan waktu penerbangan.

Bayar tiket pesawat mudah dengan PermataMobile X

Salah satu platform digital banking yang dapat mempermudah untuk membayar tiket pesawat secara online adalah PermataMobile X. PermataMobile X adalah aplikasi mobile banking milik PermataBank yang bisa Anda unduh di Play Store atau App Store.

Aplikasi ini menyediakan layanan pembayaran tiket pesawat melalui transfer dana maupun virtual account. Perbedaan antara transfer dana biasa dan virtual account adalah metode konfirmasi transaksi. Jika melakukan transfer dana biasa, konfirmasi biasanya dilakukan secara manual dengan mengirimkan screenshot bukti transfer ke admin. Sedangkan, virtual account dapat dikonfirmasi secara otomatis secara real time.

Aplikasi PermataMobile X juga menyediakan berbagai layanan lainnya, seperti fitur keamanan login menggunakan Face ID dan Fingerprint, mengelola kartu kredit (seperti mengubah transaksi jadi cicilan, aktivasi kartu kredit, dan sebagainya), WhatsApp Gift, QR Pay, investasi, top up e-wallet, serta tarik tunai tanpa kartu di PermataATM dan gerai Indomaret dengan fitur Mobile Cash.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement