Selasa 31 Jan 2023 16:36 WIB

Cryptoverse: Investor Besar Kembali ke Bitcoin

Dominasi bitcoin dalam pasar kripto telah meningkat hingga 41 persen.

Sebuah iklan untuk cryptocurrency Bitcoin ditampilkan di sebuah jalan di Hong Kong, pada 17 Februari 2022.
Foto: AP/Kin Cheung
Sebuah iklan untuk cryptocurrency Bitcoin ditampilkan di sebuah jalan di Hong Kong, pada 17 Februari 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Investor besar kembali 'menceburkan jari-jari mereka ke perairan kripto lagi setelah bulan besar untuk bitcoin. Produk investasi aset digital, yang sering disukai oleh investor institusi, melihat arus masuk lebih dari 117 juta dolar AS pada minggu lalu. Ini merupakan peningkatan mingguan terbesar sejak Juli 2022, menurut data dari manajer aset CoinShares.

Bitcoin adalah undian terbesar, dengan dana yang melacaknya bertanggung jawab atas 116 juta dolar AS dari itu. Total aset dana kripto yang dikelola telah meningkat menjadi 28 miliar dolar AS, naik 43 persen dari posisi terendah yang terjadi pada bulan November karena jatuhnya pertukaran FTX mengirimkan gelombang kejutan ke seluruh industri.

Baca Juga

"Sebagian besar orang lebih percaya diri daripada sebulan lalu," kata Joseph Edwards, penasihat investasi di Enigma Securities.

Bitcoin, pelopor cryptocurrency, telah melonjak hampir 40 persen pada bulan Januari. Nilai ini mendekati kinerja bulanan terbaiknya sejak Oktober 2021 dan Januari terbaik kedua dalam 10 tahun terakhir.

 

Reli tersebut, dikombinasikan dengan gambaran makro yang mungkin cerah, membuat beberapa investor berharap musim dingin kripto yang panjang akhirnya akan tiba di musim semi. Banyak investor mengharapkan Federal Reserve AS untuk menaikkan suku bunga acuannya sebesar 0,25 persen minggu ini, kenaikan terkecil sejak siklus pengetatan dimulai tahun lalu.

Volume perdagangan kripto juga meningkat, menurut CoinShares Volume mingguan rata-rata naik 11 persen. Ini menunjukkan pedagang kembali setelah aktivitas berbulan-bulan berkurang.

 

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement