Ahad 29 Jan 2023 22:17 WIB

Tekanan Berkurang, Pasar Kripto Menghijau di Awal 2023

Pasar kripto terpantau terus menunjukkan performa positif sepanjang Januari 2023.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Ahmad Fikri Noor
Sebuah iklan cryptocurrency Bitcoin ditampilkan di sebuah jalan di Hong Kong, pada 17 Februari 2022. Pasar kripto terpantau terus menunjukkan performa positif sepanjang Januari 2023.
Foto: AP/Kin Cheung
Sebuah iklan cryptocurrency Bitcoin ditampilkan di sebuah jalan di Hong Kong, pada 17 Februari 2022. Pasar kripto terpantau terus menunjukkan performa positif sepanjang Januari 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pasar kripto terpantau terus menunjukkan performa positif sepanjang Januari 2023 setelah sempat turun beberapa waktu lalu. Kinerja aset kripto yang menghijau ini seiring dengan berkurangnya tekanan di pasar keuangan global.

Melansir data dari Coin Market Cap dalam sepekan terakhir, Bitcoin dan Ethereum juga terpantau masih menghijau. Sepanjang Januari, Bitcoin tercatat melesat 42,45 persen dan Ethereum melesat 34,6 persen. Melesatnya harga aset kripto menjadi salah satu alasan kripto tetap diminati investor. Hal ini tecermin dari peningkatan jumlah investor kripto setiap tahunnya.

Baca Juga

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mencatat pengguna baru kripto di 2022 sebesar 5,46 juta orang. Sehingga kini ada 16,7 juta investor kripto di Tanah Air. Volatilitas pada aset kripto menjadi salah satu daya tarik bagi investor. Selain volatilitas dan potensi untung, investor juga tertarik pada instrumen ini karena tren harga, kesehatan proyek dari aset kripto, hingga komunitas.

Untuk itu penting bagi investor untuk memilih platform jual beli aset kripto yang legal dan berizin dari Bappebti. Salah satu pilihan platform investasi kripto yang bisa digunakan yakni Ajaib Kripto. Platform jual beli aset kripto itu telah memperoleh izin dari Bappebti. Di Ajaib Kripto, investor bisa menemukan berbagai jenis aset kripto, termasuk aset kripto blue chip

 

Financial Expert Ajaib Kripto, Panji Yudha menjelaskan, crypto blue chip merupakan aset kripto yang memiliki reputasi dan fundamental yang baik, likuiditas yang tinggi, dan kapitalisasi pasar yang besar. Aset tersebut memiliki fundamental yang kuat sehingga memiliki pengaruh yang signifikan dalam pasar aset kripto karena berpotensi akan lebih tahan ketika pasar sedang crash.

“Secara singkat, crypto blue chip adalah aset kripto yang sudah sangat mapan dan unggul di antara aset kripto lainnya,” kata Panji.

Meski demikian, Panji mengingatkan walaupun aset kripto blue chip memiliki keunggulan namun tetap ada potensi risiko kerugian. Untuk itu, investor harus cermat dan teliti dalam memilih aset kripto yang ingin investasikan. 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement