Senin 23 Jan 2023 11:19 WIB

Jalan Tol Bawen-Yogyakarta Bakal Dilengkapi Dua Terowongan

Secara bertahap tengah dilakukan pembayaran ganti rugi tanah.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimujono.
Foto: Republika/Rahayu Subekti
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimujono.

REPUBLIKA.CO.ID, TEMANGGUNG -- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono menegaskan pembangunan jalan tol Bawen-Yogyakarta tidak akan mengepras bukit.

"Saya kira tidak ada masalah, pembangunan tol Bawen-Yogyakarta jalan terus," katanya usai meresmikan proyek penataan kawasan Umbul Jumprit di Kabupaten Temanggung.

Jalan tol Bawen-Yogyakarta direncanakan dibangun sepanjang 75,82 kilometer yang melintasi dua provinsi, yaitu Provinsi Jawa Tengah sepanjang 67,05 kilometer dan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sepanjang 8,77 kilometer.

"Pembangunan jalan tol Bawen-Yogyakarta, saya tidak ingin mengepras bukit lagi seperti tol Semarang-Solo, maka akan dibuat terowongan," katanya.

 

Ia mengatakan dengan menggunakan terowongan akan lebih baik, apalagi di kawasan itu merupakan tempat wisata. "Kita punya hutan kopi hanya tinggal di Banaran itu, kalau itu rusak (dikepras), eman-eman (sayang)," katanya.

Dalam pembangunan jalan tol Bawen-Yogyakarta akan dibangun dua terowongan. Pembangunan jalan tol ini di wilayah Jateng, terutama di Kabupaten Magelang dan Kabupaten Temanggung, secara bertahap tengah dilakukan pembayaran ganti rugi tanah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement