Jumat 20 Jan 2023 19:10 WIB

Ribuan Anak Irak Terinfeksi Virus Misterius

Sebagian besar infeksi terjadi pada anak-anak di bawah usia dua tahun.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Ribuan Anak Irak Terinfeksi Virus Misterius
Foto: EPA-EFE/YAHYA ARHAB
Ribuan Anak Irak Terinfeksi Virus Misterius

IHRAM.CO.ID, BAGHDAD -- Sebuah penyakit virus misterius telah menginfeksi ribuan anak di  Irak. Pihak Berwenang memperingatkan rumah sakit pun mulai kewalahan dengan lonjakan pasien anak-anak ini.

Kementerian  kesehatan Irak mengatakan pada Rabu (18/1/2023), lebih dari 1.000 anak terinfeksi oleh virus demam setiap hari dan rumah sakit sedang berjuang menangani kasus baru ini.

Baca Juga

“Lebih dari seribu anak Irak terinfeksi penyakit pernapasan, termasuk pandemi demam virus, yang merupakan penyakit infeksi cepat di antara kerumunan orang, terutama anak sekolah,” kata Direktur Pusat Hematologi Abdulsatar Ibrahim di rumah sakit anak pusat Baghdad, dilansir dari The New Arab, Jumat (20/1/2023).

"Sebagian besar infeksi terjadi pada anak-anak di bawah usia dua tahun,” tambahnya.

Penyakit itu memang memiliki gejala yang mirip dengan flu musiman, demam virus, dan virus corona, termasuk demam, sakit kepala, kesulitan bernapas, nyeri dada dan perut, serta mata merah. Ini mempersulit dokter untuk mengidentifikasi kasus.

Virus tidak dapat diidentifikasi melalui tes laboratorium setidaknya dalam minggu pertama infeksi, menimbulkan tantangan lain bagi petugas medis. "Sekolah-sekolah Irak sering mengabaikan peningkatan kesadaran di kalangan anak-anak tentang bagaimana mencegah diri mereka sendiri," kata anggota Sindikat Dokter Irak, Amr Hussain.

Dia menyerukan kementerian kesehatan Irak melakukan tes berkala di sekolah-sekolah dan mendesak pihak berwenang untuk mewajibkan penggunaan masker bagi semua siswa di kelas untuk mengatasi penyakit. The New Arab telah menghubungi pejabat kesehatan di pemerintah federal Irak dan Pemerintah Daerah Kurdistan (KRG) untuk informasi lebih lanjut tetapi tidak mendapat tanggapan. 

Kementerian kesehatan Irak belum mengumumkan jumlah infeksi yang akurat di negara di mana infrastruktur kesehatan telah dirusak oleh kelalaian selama puluhan tahun dan korupsi berskala luas, tetapi telah mencatat peningkatan besar dalam kasus sepanjang tahun ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement