Jumat 20 Jan 2023 18:32 WIB

Perhutani Promosi Bisnis Lewat Metaverse Hutan Virtual

Pengalaman realistik layaknya mengunjungi hutan di dunia nyata.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Lida Puspaningtyas
Pengunjung sedang memotret dari ketinggian  Cadas Jontor atau Tebing Keraton, di Cimenyan, Kabupaten Bandung, Sabtu (14/1/2023).Lokasi tersebut bagian dari sesar atau patahan lembang yang menjadi salah satu titik bencana gempa. Namun, di lokasi masyarakat dapat melihat panorama alam lembah hijau kawasan Taman Hutan Raya.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Pengunjung sedang memotret dari ketinggian Cadas Jontor atau Tebing Keraton, di Cimenyan, Kabupaten Bandung, Sabtu (14/1/2023).Lokasi tersebut bagian dari sesar atau patahan lembang yang menjadi salah satu titik bencana gempa. Namun, di lokasi masyarakat dapat melihat panorama alam lembah hijau kawasan Taman Hutan Raya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perum Perhutani memamerkan hutan virtual atau virtual forest dalam Indonesia Metaverse Show 2023 yang dapat diakses melalui perangkat AR/VR. Hutan virtual itu dapat menciptakan pengalaman realistik layaknya mengunjungi hutan di dunia nyata. Itu digunakan sebagai sarana promosi bisnis Perhutani.

Direktur SDM, Umum dan IT Perhutani M Denny Ermansyah, menuturkan, melalui fasilitas hutan virtual itu, pengujung dapat mengetahui berbagai program metaverse yang disediakan oleh perhutani.

Baca Juga

Selain itu, juga dapat menikmati konser di panggung virtual dengan latar lokasi wisata alam perhutani bersama artis favorit. "Pengunjung juga dapat menikmati

wellness tourism di lokasi wisata Perhutani secara virtual melalui video 360 experience," katanya dalam keterangan resminya di Jakarta, Jumat (20/1/2023).

Denny menyampaikan, Perhutani juga telah tergabung dalam MetaNesia dan itu sejalan dengan program strategis Perhutani terkait pengembangan ekosistem digitalisasi. Melalui MetaNesia, Perhutani berharap tercipta peluang baru untuk memasarkan produk-produk Perhutani.

"Metaverse saat ini sudah memasuki dunia bisnis, maka dari itu kami meluncurkan Perhutani Virtual Forest. Perhutani Virtual Forest ini merupakan salah satu upaya kami dalam mempromosikan produk Perhutani melalui dunia metaverse," kata dia.

Pada event Indonesia Metaverse Show 2023, Perhutani turut berpartisipasi dengan mendirikan booth pameran yang menampilkan VR experience dengan mengunjungi booth  Perhutani di mall virtual metanesia, lalu menikmati program wellness tourism di salah satu lokasi wisata Perhutani yaitu ranca upas secara virtual melalui video 360° dimana para pengunjung bisa merasakan suasana menginap di bobocabin, berendam di onsen, melakukan yoga di alam terbuka dan memberi makan rusa.

Selain itu juga berpartisipasi dalam program pohon asuh, dimana pengunjung bisa mengadopsi pohon dengan melakukan pembayaran non tunai dan akan memperoleh sertifikat adopsi pohon yang di-NFT-kan.

Indonesia Metaverse Show 2023 merupakan wadah bagi Forum Digital Indonesia (Fordigi) untuk menyampaikan informasi terkini yang berkaitan dengan AI, blockchain, metaverse guna mendukung inovasi BUMN.

Indonesia Metaverse Show 2023 diharapkan mampu untuk mengembangkan strategi adopsi teknologi yang efektif di lingkungan BUMN serta mewujudkan Satu Data BUMN untuk mendukung pengelolaan BUMN yang efektif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement