Jumat 20 Jan 2023 17:20 WIB

Usai Sholat Jumat, Jokowi Resmikan Pembangunan Menara Masjid Ahmad Yani Manado

Menara ini dibangun untuk membantu pelaksanaan pemantauan rukyatul hilal.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ani Nursalikah
Presiden Joko Widodo (Jokowi) sholat Jumat di Masjid Ahmad Yani, Manado, Sulawesi Utara, Jumat (20/1/2023). Usai Sholat Jumat, Jokowi Resmikan Pembangunan Menara Masjid Ahmad Yani Manado
Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden/Rusman
Presiden Joko Widodo (Jokowi) sholat Jumat di Masjid Ahmad Yani, Manado, Sulawesi Utara, Jumat (20/1/2023). Usai Sholat Jumat, Jokowi Resmikan Pembangunan Menara Masjid Ahmad Yani Manado

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Usai melaksanakan sholat Jumat, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan penataan kawasan Masjid Ahmad Yani, Manado yang berupa pembangunan menara. Menara yang terletak di Kelurahan Lawangirung, Kecamatan Wenang Kota Manado, Sulawesi Utara ini memiliki luas 49 meter persegi dan mulai dibangun pada 2020.

Plt. Ketua Badan Takmir Masjid Raya Ahmad Yani Lutvia Alwi Malabar dalam keterangan terpisah menyebutkan, menara ini dibangun untuk membantu pelaksanaan pemantauan rukyatul hilal dalam rangka penentuan awal Ramadhan, hari raya Idul Fitri, dan hari raya Idul Adha.

Baca Juga

"Menara ini kita akan khususkan untuk melihat rukyatul hilal," ujar Lutvia, dikutip dari siaran pers Istana, Jumat (20/1/2023).

Selain itu, Lutvia juga mengatakan, keberadaan menara masjid ini akan menambah destinasi wisata rohani baru bagi Kota Manado. Melalui menara tersebut, nantinya masyarakat maupun wisatawan dapat melihat keindahan Kota Manado dari atas menara.

"Ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata juga untuk melihat Kota Manado di atasnya," ungkap Lutvia.

Lutvia pun menyampaikan apresiasi kepada Jokowi yang telah meresmikan penataan kawasan Masjid Ahmad Yani usai melaksanakan ibadah sholat Jumat dan menyapa para jamaah yang hadir. "Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden dan rombongan," ucap Lutvia.

Ia didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono. Ketua MUI Manado K.H. Yaser bin Salim Bachmid yang bertindak selalu khatib menyampaikan khutbah yang bertema "Meraih Keberkahan dan Kesuksesan dengan Peningkatan Kualitas Imtaq". Adapun Ketua MUI Sulawesi Utara K.H. Abdul Wahab Abdul Gafur menjadi imam sholat Jumat.

Turut hadir dalam peresmian tersebut adalah Gubenur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Wali Kota Manado Andrei Angouw, Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara Sarbin Sehe, Wakil Ketua Badan Takmir Masjid Raya Amin Gaib, dan Sekretaris Umum BTM Shuaib Sulaiman.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement