Jumat 20 Jan 2023 14:25 WIB

Meluncur di 2023, BTN Yakin Kuasai Ekosistem Perumahan Lewat Super Apps Mobile

BTN targetkan 7 juta nasabahnya akan menggunakan Super Apps Mobile

Nasabah  Bank BTN menunjukan bunga yang diberikan saat peringatan hari pelanggan di Kantor Cabang Jakarta Harmoni. PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk optimistis akan memenangkan ketatnya persaingan digital banking dalam industri perbankan Tanah Air. Melalui proses transformasi digital yang sedang mereka persiapkan, BTN akan menjelma menjadi bank terbaik segmen pembiayaan perumahan atau best mortgage bank di tingkat Asia Tenggara.
Foto: Prayogi/Republika.
Nasabah Bank BTN menunjukan bunga yang diberikan saat peringatan hari pelanggan di Kantor Cabang Jakarta Harmoni. PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk optimistis akan memenangkan ketatnya persaingan digital banking dalam industri perbankan Tanah Air. Melalui proses transformasi digital yang sedang mereka persiapkan, BTN akan menjelma menjadi bank terbaik segmen pembiayaan perumahan atau best mortgage bank di tingkat Asia Tenggara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk optimistis akan memenangkan ketatnya persaingan digital banking dalam industri perbankan Tanah Air. Melalui proses transformasi digital yang sedang mereka persiapkan, BTN akan menjelma menjadi bank terbaik segmen pembiayaan perumahan atau best mortgage bank di tingkat Asia Tenggara.

Salah satu kekuatan BTN "SuperApp" BTN Mobile yang rencananya akan dirilis awal 2023. Direktur IT & Digital BTN Andi Nirwoto mengatakan kemunculan SuperApp BTN Mobile akan membuat BTN memiliki pelayanan yang lebih baik berkat pemanfaatan teknologi digital.

"Kuncinya kalau kita masuk digitalisasi tidak cukup dari sisi atau faktor solusi teknologinya saja, tapi kita harus memiliki kekuatan ekosistem.  Saat ini pada dasarnya kita sudah memiliki ekosistem, khususnya ekosistem mortgage (perumahan) yang selama ini menjadi kekuatan BTN, sehingga konsep solusi digital kita melalui BTN Mobile mengkombinasi kekuatan teknologi dan kekuatan ekosistem kita. Ini lah yang akan didorong menjadi pembeda kami," ujarnya, Jumat (20/1/2023).

Menurutnya saat ini persaingan mobile banking industri perbankan nasional, memang cukup ketat bahkan fungsi-fungsi dasar seperti payment (pembayaran) seperti pembayaran listrik, telepon, air dan juga pembelian, seperti top up emoney, listrik pra bayar, dll, juga bisa dilayani oleh Fintech/ecommerce. 

"Sehingga BTN  Mobile selain memiliki fitur dasar payment & Purchase juga akan mengedepankan kekuatan ekosistem kita," ucapnya.

Andi menjelaskan, BTN menyebut aplikasi BTN Mobile sebagai SuperApp karena fitur-fitur yang mereka tawarkan tidak hanya memiliki fitur dasar seperti mobile banking lainnya, tapi juga memiliki fitur financial yang terkait dengan life circle ekosistem kita di sektor perumahan. Melayani nasabah dari mulai kepemilikan rumah, sampai dia tinggal di dalamnya, diluar kebutuhan transaksi dasar seperti bayar listrik, air, gas, pajak (PBB). 

"Konsep utama BTN Mobile menyediakan segala kebutuhan dari ekosistem perumahaan para nasabah BTN.  Ini yang akan menjadi pembeda dengan yang lain," ucapnya.

Dengan platform yang benar-benar baru dan dikelola langsung oleh SDM-SDM andal yang dipersiapkan oleh BTN, Andi pun yakin BTN Mobile nantinya akan banyak dibutuhkan oleh para nasabahnya."Dengan BTN Mobile ini, kapan saja, di mana saja akan memudahkan bagi nasabah untuk mendapatkan solusi digital terkait kebutuhan ekosistem perumahan," kata Andi.

BTN menyasar sekitar 5-7 juta nasabahnya untuk bertransformasi menggunakan BTN Mobile nantinya."Saat ini saja, potensi yang ada berkisar 5-7 juta nasabah BTN yang terkait dengan kebutuhan KPR. Dengan memaksimalkan ini kita sudah bisa memperoleh optimalisasi transaksi yang sudah ada di BTN, di samping kita akan mengakusisi nasabah-nasabah baru seiring dengan inovasi-inovasi produk mortage yang dibuat," pungkas Andi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement