Jumat 06 Jan 2023 20:00 WIB

Bank Mayora Bongkar Jajaran Direksi dan Komisaris

Visi Bank Mayora menjadi Bank UMKM digital-first yang terunggul di Indonesia.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Lida Puspaningtyas
Direktur Bank Mayora Tjahojo Bengawan, Direktur Bank Mayora Andi M Andries, Direktur Utama Bank Mayora Jenny Wiriyanto, Komisaris Independen Bank Mayora  Rufina Tinawati Marianto, Komisaris Utama Bank Mayora Hussein Paolo Kartadjoemena, Direktur Bank Mayora Tiolina Tumanggor, dan Direktur Bank Mayora Prihadiyanto usai Rapat Umum Pemegang Saham Bank Mayora, Jumat (6/1/2023).
Foto: Dok. Bank Mayora
Direktur Bank Mayora Tjahojo Bengawan, Direktur Bank Mayora Andi M Andries, Direktur Utama Bank Mayora Jenny Wiriyanto, Komisaris Independen Bank Mayora Rufina Tinawati Marianto, Komisaris Utama Bank Mayora Hussein Paolo Kartadjoemena, Direktur Bank Mayora Tiolina Tumanggor, dan Direktur Bank Mayora Prihadiyanto usai Rapat Umum Pemegang Saham Bank Mayora, Jumat (6/1/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Mayora sebagai anak usaha PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk melakukan perombakan jajaran direksi dan komisaris. Langkah korporasi ini disahkan melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang digelar Jumat (6/1).

Direktur Utama BNI Royke Tumilaar menjelaskan para pemegang saham sepakat untuk membuat penyegaran di tubuh anak usaha untuk bisa menyongsong tahun 2023 lebih optimistis. Ia mengatakan langkah ini juga sejalan dengan transformasi yang dilakukan anak usaha sebagai penyedia solusi finansial terintegrasi berbasis digital khususnya pada segmen UMKM.

Baca Juga

“Kami pun berharap Bank Mayora ke depannya dapat meningkatkan kinerja perseroan yang lebih baik sehingga turut berkontribusi positif kepada performance BNI Group secara konsolidasi,” kata Royke, Jumat (6/1/2023).

Royke menambahkan, Direksi baru Bank Mayora saat ini merupakan kombinasi yang ideal karena terdiri dari profesional dan expertise yang berasal dari berbagai latar belakang, yaitu konsultan, startup, fintech dan tentunya perbankan.

"Melalui kolaborasi manajemen baru Bank Mayora dipercaya dapat membawa perubahan positif dengan semangat dan harapan baru dalam mewujudkan visi Bank Digital tersebut menjadi Bank UMKM “digital-first” yang terunggul di Indonesia," imbuhnya.

Pemegang saham memutuskan untuk memberhentikan dengan hormat Ricky Budiono sebagai Direktur Utama, Dharmawan Atmadja sebagai Komisaris Utama, serta Taryadi Supangkat sebagai Komisaris Independen.

Kemudian, RUPS sepakat menunjuk Jenny Wiriyanto sebagai Direktur Utama dan Andi M Andries sebagai Direktur. RUPS juga menunjuk Hussein Paolo Kartadjoemena sebagai Komisaris Utama yang saat ini menjabat sebagai SEVP Corporate Transformation BNI. Turut bergabung dalam manajemen baru Bank Mayora yaitu Prihadiyanto selaku Direktur yang telah diangkat pada RUPS LB sebelumnya pada bulan Oktober 2022.

Dengan demikian, susunan jajaran direksi dan komisaris Bank Mayora menjadi:

Jajaran Direksi

● Direktur Utama: Jenny Wiriyanto*

● Direktur: Prihadiyanto*

● Direktur: Tiolina Tumanggor

● Direktur: Andi M Andries*

● Direktur: Tjahojo Bengawan

Jajaran Komisaris

● Komisaris Utama: Hussein Paolo Kartadjoemena*

● Komisaris Independen: Joys Djajanto

● Komisaris Independen: Rufina Tinawati Marianto

Sebagaimana yang diketahui, PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk. telah resmi mengakuisisi PT Bank Mayora pada 18 Mei 2021 untuk kemudian ditransformasi menjadi Bank Digital. Berbagai persiapan sebagai bagian dari proses transformasi bank digital telah dilakukan, termasuk persiapan rebranding atas perubahan nama dan logo yang akan diumumkan kepada publik dalam waktu dekat.

Adapun, Hussein Paolo Kartadjoemena merupakan lulusan Bachelor of Arts in Economics dari Harvard University yang saat ini menjabat sebagai SEVP Corporate Transformation BNI sejak 2020. Sementara itu, Jenny Wiriyanto merupakan lulusan Master’s Degree International Business dari National University yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama Batumbu (2020-2022) dan Direktur Maybank (2009-2020) sebagai Direktur Community Financial Services.

Selanjutnya, Prihadiyanto merupakan lulusan Sarjana Electrical Engineering dari Universitas Indonesia yang sebelumnya menduduki posisi Managing Director - Accenture Indonesia (1994-2022). Andi M Andries merupakan lulusan MBA dari University of San Fransisco dan Bachelor of Science Mechanical Engineering - University of Wisconsin yang sebelumnya menduduki posisi Chief Product and Innovation Officer - Investree (2016-2022).


Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement