Selasa 27 Dec 2022 08:54 WIB

Jababeka Dorong Sirkuler Ekonomi di Kawasan Industri

Jababeka dorong sirkuler ekonomi untuk jadi KEK Pendidikan dan Teknologi

Rep: Novita Intan/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
PT Jababeka. PT Jababeka Tbk mengungkapkan lima prioritas mendorong sirkular ekonomi dan good corporate governance. Hal ini sejalan dengan prioritas dalam upaya pengembangan Kawasan Jababeka- Cikarang yang berfokus bidang lingkungan dan pendidikan.
Foto: facebook.com/JababekaandCo
PT Jababeka. PT Jababeka Tbk mengungkapkan lima prioritas mendorong sirkular ekonomi dan good corporate governance. Hal ini sejalan dengan prioritas dalam upaya pengembangan Kawasan Jababeka- Cikarang yang berfokus bidang lingkungan dan pendidikan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Jababeka Tbk mengungkapkan lima prioritas mendorong sirkular ekonomi dan good corporate governance. Hal ini sejalan dengan prioritas dalam upaya pengembangan Kawasan Jababeka- Cikarang yang berfokus bidang lingkungan dan pendidikan.

Managing Director Jababeka Infrastruktur Agung Wicaksono mengatakan prioritas pertama soal peningkatan sumber daya manusia. Hal ini selaras dengan upaya Jababeka untuk menjadi kawasan Jababeka di Cikarang untuk menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pendidikan dan teknologi.

“Jadi kita akan bangun usaha tapi juga pada saat yang sama membangun manusia. Kemudian, salah satu prioritasnya sangat erat dengan lingkungan. Sirkular ekonomi, sustainability dan energi terbarukan merupakan hal-hal yang menjadi bagian komitmen Jababeka. Contohnya, penggunaan maggot untuk mengolah sampah organik menjadi barang daya guna dan bernilai ekonomis,” ujarnya, Senin (26/12/2022).

“Sehingga sampah mengalami proses sirkular ekonomi. Kemudian, kita juga memanfaatkan energi terbarukan dengan PLTS yang sedang dibangun di atas water treatment plant Jababeka Infrastruktur,” ucapnya.

Ketiga, prioritas yang juga penting untuk membangun good governance atau pengelolaan pemerintahan yang berkualitas, dan Jababeka dengan peran City Council yang ada di dalam kawasan.

“Kita akan bekerja sama dengan pemerintah setempat untuk mewujudkan pilar kelima dari prioritas CSR Jawa Barat pada 2023. Dan, kami yakin, kami bisa berkontribusi untuk mewujudkan Kabupaten Bekasi Berani, Jabar Juara Indonesia Raya," ucapya.

Atas kegigihan perusahaan, Jababeka berhasil meraih penghargaan tanggung jawab Sosial dan lingkungan perusahaan dari Forum CSR Jabar yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Jababeka memboyong dua penghargaan sekaligus, yakni sebagai Top Partners Award dan Water Sanitation Hygiene (WASH) Award atas kinerja program CSR yang dilakukan selama 2022. 

"Penghargaan ini merupakan testimoni yang membuktikan bahwa kontribusi Jababeka bukan hanya profit bagi perusahaan saja. Akan tetapi, juga untuk memberikan dampak nyata atau manfaat bagi masyarakat sekitar di Cikarang, di Kabupaten Bekasi, di Provinsi Jawa Barat dan Indonesia," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement