Jumat 23 Dec 2022 17:29 WIB

Zelenskyy Berterima Kasih Atas Bantuan Keuangan dari AS

Presiden Ukraina menegaskan uang tersebut bukan amal tetapi investasi.

Presiden Ukraina mengungkapkan terima kasih di hadapan Kongres AS pada Rabu (21/12/2022) atas bantuan finansial kepada Ukraina dan mencatat bahwa uang tersebut bukan amal tetapi investasi.
Presiden Ukraina mengungkapkan terima kasih di hadapan Kongres AS pada Rabu (21/12/2022) atas bantuan finansial kepada Ukraina dan mencatat bahwa uang tersebut bukan amal tetapi investasi.

REPUBLIKA.CO.ID., WASHINGTON -- Presiden Ukraina mengungkapkan terima kasih di hadapan Kongres AS pada Rabu (21/12/2022) atas bantuan finansial kepada Ukraina dan mencatat bahwa uang tersebut bukan amal tetapi investasi.

“Uangmu bukanlah amal. Ini adalah investasi dalam keamanan global dan demokrasi yang kami tangani dengan cara yang paling bertanggung jawab,” kata Volodymyr Zelenskyy dalam sesi tersebut.

“Terima kasih atas bantuan keuangan yang telah Anda berikan kepada kami dan bantuan lain yang mungkin ingin Anda putuskan,” katanya.

Sebelum hari itu, Presiden Joe Biden mengadakan konferensi pers bersama Zelenskyy di Gedung Putih dan mengumumkan akan memberi bantuan militer senilai 1,85 miliar dolar AS untuk Ukraina, termasuk sistem pertahanan rudal Patriot.

“Ukraina tidak jatuh,” tegas Zelenskyy dalam pidatonya di depan Kongres. "Ukraina hidup dan melawan."

Dia mengatakan pertempuran mereka tidak hanya untuk "wilayah", "kebebasan" dan "keamanan" untuk Ukraina tetapi untuk "negara lain mana pun."

“Dunia selalu saling terhubung dan saling bergantung untuk memungkinkan seseorang tersingkir dan pada saat yang sama merasa aman ketika pertempuran berlanjut,” ucap Zelenskyy.

Mengingat kunjungannya yang tak terduga ke kota Bakhmut di wilayah Donetsk timur yang diperangi pada Selasa, ia mengatakan militer dan tentara bayaran Rusia telah menyerang kota itu sejak Mei.

“Mereka telah menyerangnya siang dan malam, tapi Bakhmut bertahan,” ungkap ia.

Zelenskyy mengatakan bahwa Rusia memiliki "keunggulan signifikan" dalam artileri dan amunisi, "tetapi pasukan pertahanan kami tetap bertahan."

Menekankan sekali lagi bahwa negaranya tidak akan menyerah, Zelenskyy menyatakan kepada anggota parlemen AS bahwa dukungan mereka “sangat penting tidak hanya untuk bertahan dalam pertarungan tetapi juga untuk mencapai titik balik agar menang di medan perang.”

“Kami memiliki artileri. Ya. Terima kasih. Kami memilikinya. Apakah itu cukup? Sejujurnya, tidak juga,” katanya.

Lebih banyak meriam dan peluru dibutuhkan untuk membuat tentara Rusia benar-benar mundur, tambah Zelenskyy.

“Ukraina tidak pernah meminta tentara Amerika untuk berperang di tanah kami, bukan kami. Saya meyakinkan Anda bahwa tentara Ukraina dapat dengan sempurna mengoperasikan tank dan pesawat Amerika sendiri,” ujar ia.

Dia juga menyebutkan drone Iran yang dikirim ke Rusia, yang “menjadi ancaman bagi infrastruktur penting kami.”

Zelenskyy meninggalkan negaranya pada Rabu untuk pertama kalinya sejak perang dengan Rusia dimulai 10 bulan lalu untuk berkonsultasi dengan Presiden Joe Biden dan anggota parlemen AS di Washington.

Sebelum pidatonya di Kongres AS, dia bertemu Biden di Gedung Putih, tempat dia mengadakan konferensi pers bersama.

Setelah pidatonya di Kongres, Zelenskyy mempersembahkan bendera Ukraina kepada anggota parlemen AS.

 

 

 

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/ukraina-masih-hidup-dan-berkembang-kata-zelenskyy-pada-kongres-as/2770182
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement