Selasa 20 Dec 2022 18:45 WIB

Kompetisi Kopi Internasional Jaring 39 Petani Kopi se-Indonesia

Kompetisi ini menjadi ajang mempromosikan kopi Indonesia ke dunia internasional

 Sebanyak 39 petani kopi dari enam provinsi di Indonesia bersaing dalam kompetisi Cup of Excellence (COE). (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Sebanyak 39 petani kopi dari enam provinsi di Indonesia bersaing dalam kompetisi Cup of Excellence (COE). (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 39 petani kopi dari enam provinsi di Indonesia bersaing dalam kompetisi Cup of Excellence (COE). Pemenang dalam kompetisi ini akan dianugerahi penghargaan Cup of Excellence dan akan dijual kepada penawar tertinggi dalam ajang lelang.

Cup of Excellence sendiri merupakan ajang kompetisi penghargaan bergengsi di dunia per-kopi-an. Penghargaan ini diberikan setelah para peserta lolos dari audit auditor profesional yang memilih biji kopi terbaik.

Biji kopi pemenang, dipilih oleh Cuppers atau juri yang berasal dari dalam dan luar negeri. Nantinya selain meraih penghargaan Cup of Excellence, kopi pemenang akan dijual dalam ajang lelang internet di mana harga kopi dalam pelelangan bisa melonjak drastis.

Ketua Umum Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) Daryanto Witarsa mengatakan, pemenang tahun lalu misalnya dibeli oleh salah satu perusahaan asal Jepang di pelelangan dengan harga sangat tinggi. Tahun ini, perusahaan tersebut kembali datang ke Indonesia untuk membelinya lagi langsung ke petani.

"(Event) Ini secara tak langsung memberikan efek positif bukan hanya sekadar kopi yang dilelang, tapi ada repeat buy (pembelian kembali). Jadi ini ajang mempromosikan kopi Indonesia," katanya dikutip dari siaran pers, Selasa (20/12/2022).

Dalam penyelenggaraan COE ini, panitia menerima 138 sampel kopi. Dalam kompetisi ini, dimana setiap peserta wajib mengirimkan 2.5 kilogram sampel untuk tahap pra seleksi dan satu lot kopi bila lolos dari tahap pra seleksi. Setiap lot minimum 300 kilogram hingga maksimum 1.260 kilogram. Jika sampel kopinya lolos hingga ke tahap akhir, maka jumlah lot itu yang nantinya akan dilelang dan hasil lelang menjadi milik petani.

Dalam tahap penilaian pra seleksi ada 84 sampel kopi yang lolos dan berhak maju ke tahap nasional. Dalam tahap ini akan disaring kopi peserta yang akan lolos ke tahap penjurian international. Seluruh sampel kopi itu baru akan dibuka identitas petani dan kopinya setelah juri menyelesaikan penilaian pada tingkat internasional.

Tahap terakhir dari kompetisi ini adalah lelang daring yang diikuti semua peserta lelang yang didominasi calon pembeli dari luar Indonesia. Sebelumnya, mereka harus mendaftarkan diri ke Alliance for Coffee Excellence (ACE), sehingga calon pembeli adalah pembeli yang sudah terseleksi.

ACE mengelola dua jenis lelang terkait kopi-kopi yang ikut serta dalam COE ini, masing-masing, National Winner Auction dan COE Auctions. Lelang nasional berlaku untuk kopi-kopi yang lolos ke babak internasional dan memperoleh poin 85,00- 86,99. Pelaksanaannya pada 1 hingga 10 Februari 2023.

Sementara lelang COE untuk kopi-kopi yang lolos ke babak internasional dan memperoleh nilai minimal 87,00. Lelang COE bakal dilaksanakan pada 9 Februari 2023 mendatang.

Guna mengikuti lelang, calon pembeli harus mendaftar dulu agar mendapat akses guna melakukan penawaran. Lelang COE hanya dibuka 1 malam, atau tepatnya pukul 21:00 hingga selesai (apabila tidak ada penawaran baru untuk kopi manapun di lelang tersebut hingga batas waktu 3 menit berlalu). Sementara untuk lelang National Winner, dibuka dalam waktu yang lebih panjang.

Harga dasar ditetapkan oleh pelaksana dan disepakati oleh ACE. Untuk lelang COE Indonesia, harga pembukaan untuk kopi dengan poin 87,00 – 87,99 adalah 5 dolar AS per pound, untuk kopi dengan poin 88,00 – 89,99 adalah 6 dolar AS per pound, dan untuk kopi dengan poin di atas 90, harga pembukaan adalah sebesar 6.5 dolar AS per pound. Setiap kenaikan penawaran adalah minimal 10 sen per pound. Untuk lelang National winner, harga dasar ditetapkan sebesar 4 dolar AS per pound.

Sampai saat ini panitia sudah mendapatkan daftar calon pembeli yang sudah terkonfirmasi oleh ACE sebanyak 91 nama untuk lelang COE dan 76 nama untuk lelang National Winner.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement