Rabu 14 Dec 2022 12:53 WIB

BSI Maslahat bersama BSI Kembali Buka Program BSI Scholarship

Saat ini BSI Scholarship sudah proses sosialisasi dan seleksi penerima manfaat

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
BSI Maslahat bersama PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) memperkuat komitmen berperan aktif dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan membentuk pemimpin masa depan melalui program pendidikan beasiswa BSI Scholarship bersama BSI Maslahat.
Foto: BSI Maslahat
BSI Maslahat bersama PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) memperkuat komitmen berperan aktif dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan membentuk pemimpin masa depan melalui program pendidikan beasiswa BSI Scholarship bersama BSI Maslahat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- BSI Maslahat bersama PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) memperkuat komitmen berperan aktif dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan membentuk pemimpin masa depan melalui program pendidikan beasiswa BSI Scholarship bersama BSI Maslahat. 

BSI Scholarship hadir tidak hanya memberikan beasiswa namun juga program pembinaan untuk  membentuk pemimpin masa depan umat yang berkarakter, amanah dan dapat menjadi teladan yang berkontribusi dalam industri ekonomi syariah. Saat ini BSI Scholarship sudah melakukan proses sosialisasi dan seleksi penerima manfaat.

Saat ini sebanyak 18.665 mahasiswa sudah mendaftar dan terpilih sebanyak 980 mahasiswa yang berasal dari dari 72 universitas negeri dan swasta di Indonesia. Direktur Compliance & Human Capital BSI, Tribuana Tunggadewi berharap seluruh penerima manfaat BSI Scholarship bisa mengemban amanah dengan baik. 

“Sehingga ilmu yang diperoleh akan memberikan manfaat seluas-luasnya bagi diri sendiri, masyarakat dan memberikan kontribusi bagi Indonesia,” kata Tribuana dalam keterangan pers, Rabu (14/12/2022). 

BSI juga memiliki spirit untuk mendorong akselerasi pendidikan di seluruh jenjang pendidikan. Baik dalam bentuk program edukasi dan literasi keuangan syariah maupun sinergi dengan BSI Maslahat yang menjadi mitra pengelola dana ziswaf, dana sosial dan CSR BSI.

Di usia yang akan melangkah tahun kedua, BSI berkomitmen meneruskan dukungan pendidikan anak Indonesia melalui Program BSI Scholarship. BSI Scholarship terbagi menjadi dua kategori yaitu BSI Scholarship Inspirasi untuk mahasiswa tidak mampu/dhuafa tapi memiliki kapabilitas dari sisi pendidikan. Untuk BSI Scholarship Prestasi ditujukan untuk mahasiswa berprestasi dari sisi akademik.

BSI Scholarship 2023 inshaallah akan dibuka pada awal Januari 2023 dengan menargetkan 1.000 penerima manfaat di 69 Universitas Terpilih yang dapat mengakses pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Dalam kesempatan yang sama Direktur Eksekutif BSI Maslahat Sukoriyanto Saputro menyampaikan, jumlah awardee yang lolos seleksi tes tulis dan interview program BSI Scholarship 2022 meningkat 100 persen dibanding tahun lalu. 

Dalam program BSI Scholarship 2022 mahasiswa akan mendapatkan beberapa fasilitas. Di antaranya adalah bantuan uang pendidikan selama 2 tahun, bimbingan kepemimpinan dan pembangunan karakter. “Selain itu mahasiswa juga akan mendapatkan pelatihan literasi ekonomi dan keuangan syariah, pendanaan dan pendampingan social project, mentorship pimpinan bank syariah dan magang di industri ekonomi syariah,” ujarnya. 

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemendikbud Dikti, Sri Gunani Pratiwi menyampaikan terima kasih kepada BSI melalui program BSI Scholarship yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bisa mengakses layanan pendidikan.“Hal ini untuk kepentingan mahasiswa, bangsa negara agar SDM yang lebih unggul,” ujar Sri Gunani. 

Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI, Saidah Sakwan menyampaikan selamat kepada awardee yang terpilih yang lolos dalam program beasiswa BSI Scholarship 2022. Ia berharap awardee yang terpilih tidak hanya berprestasi secara akademik tapi juga bisa berkontribusi untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. 

Selain bekerja sama dalam mendukung program pendidikan, sebelumnya BSI dan BSI Maslahat telah lebih dahulu berkolaborasi meningkatkan penyaluran zakat, infaq, sedekah dan wakaf (ZISWAF).

Hingga Oktober 2022, BSI telah menyalurkan dana ZIS melalui BSI Maslahat sebesar Rp 109 miliar. Penyaluran dana ZIS ini dilakukan ke berbagai bidang diantaranya pendidikan, kemanusiaan, dan pembinaan usaha bagi UMKM.

BSI Maslahat merupakan mitra strategis dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dalam melakukan penyaluran dan penghimpunan dana ZISWAF, CSR dan Dana Sosial yang berpacu pada indikator sustainability. Sehingga pemanfaatan programnya dapat berdampak luas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement