Jumat 25 Nov 2022 00:05 WIB

Serapan Anggaran Kemenhub Capai 75 Persen

Kemenhub terus berupaya mengoptimalkan serapan anggaran.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolandha
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Realisasi penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Kementerian Perhubungan per 23 November 2022 mencapai 75,63 persen.
Foto:

Sejumlah program pembangunan dan pengembangan infrastruktur transportasi yang telah dilakukan pada 2022 yakni revitalisasi Terminal VVIP Bandara Halim Perdanakusuma, dan pengoperasian Bandara Kertajati untuk melayani umroh. Begitu juga dengan penyelesaian beberapa infrastruktur di Bali sebagai bentuk dukungan Kementerian Perhubungan pada penyelenggaraan presidensi G20 antara lain terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai, Pelabuhan Sanur, Pelabuhan Penyeberangan Bias Munjul dan Sampalan.

Selanjutnya, juga kerja sama pengembangan proving ground pengujian kendaraan bermotor berstandar internasional melalui skema pembiayaan kreatif. Lalu juga penyelenggaraan tol laut, uji coba terbatas kereta api Makassar-Parepare dengan ruas Stasiun Garongkong sampai Stasiun Mangilu, dan pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat melalui program padat karya di semua sektor transportasi.

Ketua Komisi V DPR Lasarus meminta Kemenhub untuk mempercepat peningkatan realisasi tahun anggaran 2022 sesuai saran dan masukan komisi V. Selain itu juga Kemenhub agar meningkatan sistem monitoring, evaluasi dan melaksanakan koordinasi secara reguler untuk memaksimalkan pelaksanaan program dan anggaran di masing-masing unit kerja eselon satu. 

 

Komisi V DPR juga meminta Kemenhub untuk melakukan evaluasi terhadap bandara yang belum berfungsi optimal dan minimnya pelayanan penerbangan di bandara di Indonesia. Begitu juga dengan mengoptimalkan PNBP di semua sektor perhubungan, dan meningkatkan pengawasan terhadap angkutan over dimensi dan overload (ODOL). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement