Kamis 24 Nov 2022 15:24 WIB

Wapres: Kemenangan Timnas Jepang Atas Jerman Kebangkitan Asia

Asia berpotensi mengambil peran penting persepakbolaan global.

Wapres Maruf Amin
Foto: dok. istimewa
Wapres Maruf Amin

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyebut kemenangan Tim Nasional sepak bola Jepang atas Jerman di pertandingan pertama Grup E Piala Dunia Qatar, merupakan fenomena kebangkitan Asia.

"Kalau menurut saya fenomena baru dan itu kebangkitan Asia. Saya kira mungkin juga Afrika, kita lihat nanti Afrika," kata Wapres kepada wartawan usai menghadiri Milad ke-18 Ponpes Al Jauhari, di Garut, Jawa Barat, Kamis.

Baca Juga

Dia mengatakan, kemungkinan konstelasi sepak bola akan berubah ketika tidak ada lagi didominasi negara-negara Eropa dan Amerika Latin, melainkan Asia juga berpotensi mengambil peran penting persepakbolaan global.

"Kita ikuti nanti. Kemenangan itu menunjukkan prestasi. Ada dua kemungkinan, klub (negara) Asia prestasinya naik atau klub yang tadinya juara elite mungkin ada penurunan. Kita ikuti nanti," jelasnya.

Sebelumnya Jepang mengikuti langkah Arab Saudi menciptakan kejutan besar dalam Piala Dunia 2022 dengan menumbangkan juara dunia empat kali Jerman dengan skor 2-1, Rabu (23/11) malam waktu Indonesia.

Skor ini juga skor yang sama ketika Saudi menggulingkan Argentina sehari sebelumnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement