Senin 21 Nov 2022 16:27 WIB

6 Makanan Ini Bantu Buang Racun pada Ginjal

Ginjal merupakan organ yang bertugas membuang racun pada tubuh.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Makanan tertentu bisa membantu dan melindungi kesehatan ginjal agar terus bekerja dengan baik.
Foto: www.freepik.com
Makanan tertentu bisa membantu dan melindungi kesehatan ginjal agar terus bekerja dengan baik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ginjal merupakan filter yang membuang racun dan cairan berlebih dalam tubuh. Ginjal juga menghasilkan hormon yang membantu tubuh, mulai dari tekanan darah hingga kekuatan tulang.

Makanan tertentu bisa membantu dan melindungi kesehatan ginjal agar terus bekerja dengan baik. Berikut enam makanan terbaik untuk kesehatan ginjal yang bisa ditambahkan ke menu harian, dilansir dari CNet, Senin (21/11/2022).

Baca Juga

1. Ikan

Ikan berlemak seperti tuna, salmon, atau trout membuat tubuh mendapatkan asam lemak omega-3. Menurut National Kidney Foundation, lemak omega-3 dapat membantu mengurangi kadar lemak (trigliserida) dalam darah dan juga dapat menurunkan tekanan darah. 

Jika menderita gagal ginjal kronis (CKD), Anda mungkin perlu memperhatikan kadar fosfor dan kalium ikan yang Anda pilih. National Kidney Foundation memiliki bagan yang dapat digunakan untuk menentukan level pada jenis ikan tertentu. Meskipun, yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter.

 

2. Kubis

Sayuran padat nutrisi ini rendah potasium dan sodium, dengan mengandung  serat, vitamin C dan K, dan banyak lagi. Kubis adalah sayuran serbaguna. Anda dapat menggunakannya dalam salad, juga sebagai pembungkus untuk taco, sandwich, dan lainnya.

 

3. Paprika

Seperti kol, paprika mengandung banyak nutrisi baik dengan kadar kalium yang rendah. Paprika memberi tubuh asupan vitamin B6, B9, C dan K, plus serat. Paprika juga mengandung antioksidan. Anda bisa mengirisnya dan memakannya dengan saus, atau memanggangnya dan menambahkannya ke makan malam.

 

4. Cranberry

Cranberry membantu mencegah infeksi saluran kemih, yang dapat berdampak ke ginjal. Mengonsumsi cranberry secara teratur dapat membantu Anda menghindari situasi yang tidak diinginkan. Cranberry juga memiliki antioksidan yang dapat membantu melawan peradangan. Selain itu, cranberry dapat meningkatkan kesehatan jantung dan pencernaan.

 

5. Bluberry

Makanan apa yang membantu memperbaiki ginjal ? Bluberi jawabannya. Dengan tingkat antioksidan yang tinggi dan banyak vitamin C dan serat, bluberi sangat sehat. Bluberi juga dapat membantu mengurangi peradangan dan mendukung kesehatan tulang, membalikkan beberapa masalah yang bisa datang dengan CKD.

 

6. Sayuran berdaun hijau gelap

Masih bertanya-tanya makanan apa yang membantu memperbaiki ginjal? Anda bisa beralih ke sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam atau kangkung. 

Sayuran ini memberikan begitu banyak nutrisi sehingga dapat membantu mendapatkan vitamin dan mineral utama, ditambah manfaat peningkatan kekebalan. Namun, harap diperhatikan bahwa sayuran hijau bisa mengandung potasium dalam jumlah banyak. Jika menderita CKD, coba bicarakan dengan dokter sebelum menambahkan lebih banyak ke pola makan.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement